Sabtu 14 Maret 2020, 14:23 WIB

BNPB Komandoi Seluruh Kementerian Lembaga Tangani Covid-19

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
BNPB Komandoi Seluruh Kementerian Lembaga Tangani Covid-19

MI/Romy Pujianto
Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Deseminasi Informasi Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Juri Ardiantoro.

 

DEPUTI IV Bidang Komunikasi Politik dan Deseminasi Informasi Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Juri Ardiantoro, mengatakan gugus tugas dalam Keppres Nomor 7 Tahun 2020  tentang penanganan percepatan penanganan Covid-19 sebetulnya secara fungsional telah dilakukan pemerintah.

Penanganan tersebut dilakukan pemerintah melalui kementerian maupun lembaga yang secara fungsional menjalankan tugas-tugasnya terkait penanganan baik mulai dari pencegahan virus supaya tidak menyebar, menangani kasus suspect hingga upaya menekan terjadinya penyebaran virus tersebut.

"Dari sisi penanganan kesehatan Kementerian Kesehatan sudah bekerja sebagaimana mestinya dan kemudian dari dampak atau bagaimana mengantisipasi dampak dari penyebaran virus ini juga sudah dilakukan, bagaimana dampak wabah ini terhadap aspek ekonomi kemudian pariwisata, pendidikan, ini juga selama ini sudah sudah dilakukan secara ketat atau pemberlakuan protokol-protokol yang mestinya harus dilakukan pada aspek-aspek diluar Kesehatan, secara fungsional selama ini sudah sudah berlangsung," kata Juri dalam Diskusi Polemik yang digelar MNCTrijaya, dengan tema Bikin Korona Merana di Jakarta, Sabtu (14/3).

Juri menjelaskan, pada Jumat (13/30 secara formal pemerintah menunjuk BNPB sebagai koordinator gugus tugas percepatan Penanganan dan kemudian BNPB nantinya akan mengkoordinir seluruh kementerian dan lembaga yang terkait dan seluruh resources yang diperlukan untuk secara maksimal bisa melakukan percepatan penanganan wabah ini.

"Jadi pada intinya adalah pemerintah ingin mengatakan kepada masyarakat dan kita serius dan mampu serta punya sumber daya yang dimiliki untuk melakukan penanganan ini," sebut Juri

Terkait efektivitas, kata Juri, sebelum Keppres, ada Inpres tahun 2019 yang juga mengatur mengenai penanganan wabah, baik bencana non alam termasuk di dalamnya dikategorikan penyebaran atau penanganan wabah virus korona.

"Bisa ditangani melalui Inpres ini dan jelas menugaskan Kementerian lembaga dari Menko PMK, Kemenkes, Menko polhukam dan kementerian lain untuk bekerja menangani wabah ini jadi artinya pemerintah selama ini menganggap atau memandang Kementerian lembaga yang ada itu bisa bisa bekerja untuk secara fungsional seperti yang tadi misalnya apa istilahnya dari Komnas penanganan flu burung yang pernah ada pada masa sebelum," paparnya. (Fer/OL-09)

Baca Juga

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI)/Tim MI

Jenazah tidak Tularkan Virus

👤Ata/Aiw/RF/J-1 🕔Minggu 05 April 2020, 09:05 WIB
Saat orang meninggal, selnya mati sehingga virus tidak akan berkembang. Sifat virus dalam jenazah sama dengan virus yang ada di tanah,...
MI/ROSMERY C SIHOMBING

Sido Muncul Hadirkan Kebaikan di Tengah Pandemi

👤Ykb/Ten/I-2 🕔Minggu 05 April 2020, 09:05 WIB
Bantuan tersebut untuk membantu upaya melawan pandemi...
MI/ADAM DWI

Belanja Daring Solusi Selama Pandemi Korona

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 05 April 2020, 08:55 WIB
Sejauh ini tidak ada keluhan yang berarti dari transaksi daring tersebut, seperti halnya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya