Sabtu 14 Maret 2020, 07:40 WIB

Ditemukan Fosil Kulit Penguin Berusia 43 Juta Tahun di Antartika

Siswantini Suryandari | Humaniora
Ditemukan Fosil Kulit Penguin Berusia 43 Juta Tahun di Antartika

AFP PHOTO /ARGENTINE ANTARCTIC INSTITUTE
Inilah temuan fosil kulit penguin berusia 43 juta tahun di Pulau Marambio, Antartika yang dirilis oleh Argentine Antarctic Institute.

 

PENELITI Argentina telah mengumumkan penemuan fosil kulit pada sisa-sisa sayap penguin berusia 43 juta tahun di Pulau Marambio di Antartika. Fosil itu sebenarnya ditemukan selama misi penelitian pada tahun 2014.

Fosil itu kemudian dipelajari di Museum La Plata oleh ahli paleontologi Argentina, Carolina Acosta Hospitaleche, dan diungkapkan secara ilmiah di Universitas Nasional La Matanza, Jumat (13/3).

Kulit fosil dari Palaeeudyptes gunnari, salah satu dari banyak jenis penguin yang punah dan hidup di Antartika selama periode Eosen, berlangsung sekitar 56 hingga 34 juta tahun yang lalu. Pada saat itu, Antartika ditutupi hutan dan dihuni beragam fauna.

baca juga: Cegah Tanah Longsor dengan Soil Bioengineering

"Fosilisasi kulit sayap ini unik, karena merupakan contoh pertama yang dilestarikan di dunia penguin dengan kulit," kata Acosta Hospitaleche.

"Kulit itu dilestarikan sebagai fosil pada kedua permukaan sayapnya, membungkus tulang-tulang yang tetap terartikulasi pada posisi semula," tambahnya. (AFP-OL-3)

 

 

Baca Juga

Istimewa

Hadapi Pariwisata Era Pandemi, Sekolah Pariwisata Perlu Inovasi

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 10:40 WIB
Tantangan yang dihadapi sekolah tinggi pariwisata di Indonesia semakin berat karena persaingan semakin ketat. Terlebih sejak pandemi...
Ilustrasi

Menanggulangi Covid-19 Dengan Intervensi Pekerja Sosial Medis

👤Agus Utantoro 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 09:38 WIB
Dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta, Adi Fahrudin menyatakan dalam penanganan pandemi diperlukan keterlibatan pekerja sosial...
Ist

Limbah dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan Dilarang Dibuang di TPA 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 09:20 WIB
Direktorat Jenderal PSLB3, KLHK, melarang keras limbah B3 dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) atau limbah medis dibuang di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya