Sabtu 14 Maret 2020, 07:40 WIB

Ditemukan Fosil Kulit Penguin Berusia 43 Juta Tahun di Antartika

Siswantini Suryandari | Humaniora
Ditemukan Fosil Kulit Penguin Berusia 43 Juta Tahun di Antartika

AFP PHOTO /ARGENTINE ANTARCTIC INSTITUTE
Inilah temuan fosil kulit penguin berusia 43 juta tahun di Pulau Marambio, Antartika yang dirilis oleh Argentine Antarctic Institute.

 

PENELITI Argentina telah mengumumkan penemuan fosil kulit pada sisa-sisa sayap penguin berusia 43 juta tahun di Pulau Marambio di Antartika. Fosil itu sebenarnya ditemukan selama misi penelitian pada tahun 2014.

Fosil itu kemudian dipelajari di Museum La Plata oleh ahli paleontologi Argentina, Carolina Acosta Hospitaleche, dan diungkapkan secara ilmiah di Universitas Nasional La Matanza, Jumat (13/3).

Kulit fosil dari Palaeeudyptes gunnari, salah satu dari banyak jenis penguin yang punah dan hidup di Antartika selama periode Eosen, berlangsung sekitar 56 hingga 34 juta tahun yang lalu. Pada saat itu, Antartika ditutupi hutan dan dihuni beragam fauna.

baca juga: Cegah Tanah Longsor dengan Soil Bioengineering

"Fosilisasi kulit sayap ini unik, karena merupakan contoh pertama yang dilestarikan di dunia penguin dengan kulit," kata Acosta Hospitaleche.

"Kulit itu dilestarikan sebagai fosil pada kedua permukaan sayapnya, membungkus tulang-tulang yang tetap terartikulasi pada posisi semula," tambahnya. (AFP-OL-3)

 

 

Baca Juga

Dok.SOHO

BNPB Apresiasi para Pendonor untuk Tim Medis Covid-19

👤Achmad Maulana 🕔Rabu 01 April 2020, 21:41 WIB
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Doni Monardo meminta seluruh lapisan masyarakat bersatu padu mendukung seluruh kebijakan...
Antara/Sigid Kurniawan

Kemenkes Masih Susun Permenkes untuk Aturan PSBB

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 01 April 2020, 21:32 WIB
"Permenkes sedang kita buat dari tadi siang," kata Achmad...
Istimewa/BPJS Kesehatan

CHIKA dan VIKA Beri Warna Baru Dalam Pelayanan BPJS KesehatanĀ 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 April 2020, 21:04 WIB
Hadirnya layanan dalam fitur CHIKA dan VIKA diharapkan mampu membantu peserta JKN-KIS memenuhi kebutuhannya dalam kepesertaan Program...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya