Jumat 13 Maret 2020, 21:58 WIB

DPR Kritisi Komunikasi Publik Pemerintah Soal Covid-19

Atalya Puspa | Humaniora
DPR Kritisi Komunikasi Publik Pemerintah Soal Covid-19

MI/M. Irfan
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Saleh Pa

 

MANAJEMEN komunikasi pemerintah dalam penanganan virus korona Covid-19 dinilai Wakil ketua Komisi IX DPR RI Saleh Daulay masih lemah. Ia merefleksikannya pada kasus beda pendapat soal pasien positif virus korona yang kabur dari RSUP Persahabatan.

Saleh mengkhawatirkan, hal itu bisa menimbulkan kesalahpahaman di ruang publik, dan menimbulkan rasa tidak percaya publik terhadap informasi yang dikeluarkan pemerintah dan stakeholder terkait.

"Kalau setiap rumah sakit punya jubir, dan jubir bicaranya berbeda-beda, bisa saja akan ada kesimpangsiuran informasi. Kita harapkan, pemerintah memperbaiki dan mensinkronkan persoalan komunikasi seperti ini," kata Saleh kepada Media Indonesia, Jumat (13/3).

Dalam situasi saat ini, Saleh menilai pemerintah sudah seharusnya menunjukkan integritas dan membuktikan bahwa penanganan Covid-19 dilakukan secara serius.

Baca juga : Beda Komentar RS Persahabatan-Pemerintah Soal Pasien Korona Kabur

"Dalam situasi seperti ini, pemerintah harus menunjukkan kalau memang benar-benar sigap untuk melakukan penanganan," ungkapnya.

Lebih dari itu, pihaknya berharap pemerintah dan RS menerapkan standar pengawasan ketat terhadap pasien Covid-19. Hal itu bertujuan agar pasien dapat segera sembuh, dan masyarakat juga tidak merasa terancam keamanannya.

"Pasien yang diduga terjangkit, mesti dijaga dan diawasi secara ketat. Standar pengawasannya mesti sama dengan yang dilakukan oleh negara-negara lain. Dengan begitu, dipastikan pasiennya tidak menjangkiti orang lain," tandasnya. (OL-7)

Baca Juga

Ilustrasi

Hadapi Covid-19, STP Trisakti Beri Beasiswa Peduli

👤Syarif Oebaidillah 🕔Kamis 09 April 2020, 14:32 WIB
Program Beasiswa Peduli STP Trisakti memberi  potongan SPP kepada calon mahasiswa baru yang mendaftar masuk pada bulan April - Juli...
Antara

Ini Loh Penggunaan Masker yang Sesuai Anjuran WHO

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 09 April 2020, 14:05 WIB
PEMAKAIAN masker saat wabah Covid-19 bukan hanya untuk orang yang sakit. Namun, orang sehat dan melakukan aktivitas di luar rumah harus...
ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Salurkan Bansos, Komisi VIII DPR Beri Pesan ke Kemensos

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 09 April 2020, 13:16 WIB
Bantuan Perlindungan Sosial harus segera dilakukan sesegara mungkin dengan memperhatikan kebutuhan dasar masyarakat dan momentum menghadapi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya