Jumat 13 Maret 2020, 21:24 WIB

Waspada, 1.406 Kasus DBD Terjadi di Lampung

Eva Pardiana | Nusantara
Waspada, 1.406 Kasus DBD Terjadi di Lampung

Ilustrasi
Nyamuk Aedes aegypti

 

KASUS demam berdarah dengue (DBD) di Lampung mengalami peningkatan signifikan selama 2020. Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mencatat,  per Februari 2020 terdapat 1.406 kasus. Jumlah tersebut naik drastis dibanding Januari yang hanya 1.066 kasus.

Kepala Bidang Promosi Kesehatan Media, Lisna merinci ada 5 kabupaten/kota di Lampung dengan jumlah kasus DBD tertinggi, yaitu Lampung Selatan 408 kasus, Lampung Tengah 212 kasus, Lampung Timur 203 kasus, Pringsewu 129 kasus, dan Kota Bandar Lampung 70 kasus.

Menurut Lisna, peningkatan kasus DBD terjadi akibat bertepatan dengan musim penghujan. "Setiap memasuki musim hujan kasus DBD memang selalu meningkat," kata Lisna di Bandar Lampung, Jumat (13/3).

Meski begitu, menurut Lisna, angka kematian akibat DBD di Lampung masih terbilang rendah. Hingga saat ini hanya tercatat 10 kasus kematian. Sebanyak lima kematian pada Januari dan lima kematian di Februari.

"Artinya kita sudah melakukan penanganan yang baik sehingga dapat menekan angka kematian akibat DBD," ujarnya.

Pada 2019 lalu, kasus DBD di Lampung mencapai angka 5.592 kasus. Sedangkan angka kematian akibat DBD sebanyak 17 kasus.

Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengaku telah melakukan berbagai upaya ekstra untuk menekan penyebaran penyakit yang disebabkan nyamuk Aedes aegypti itu.

Kepala Dinas Provinsi Lampung Reihana mengatakan jajarannya mengoptimalkan pemberantasan jentik nyamuk untuk meredam merebaknya DBD, khususnya dengan menerapkan 3M Plus.

''Kami terus mengajak masyarakat memberantas sarang nyamuk dengan 3M Plus (menutup, menguras, mengubur) plus jangan menggantung pakaian di balik pintu karena nyamuk senang bersembunyi di sana,'' kata Reihana.

Pihaknya, lanjut Reihana, juga terus melakukan koordinasi dengan dinkes kabupaten/kota dalam meningkatkan antisipasi penyakit yang merebak saat musim hujan ini. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/Djoko Sarjono

Boleh Gunakan Dana Desa untuk Covid-19 tapi Jangan 100%

👤Tosiani 🕔Minggu 05 April 2020, 10:55 WIB
Dana desa tahun ini boleh digunakan untuk penanganan Covid-19, tetapi desa-desa di wilayah Temanggung, Jawa Tengah tidak dibolehkan...
Istimewa

Warga Surabaya Apresiasi Bantuan Sembako Cak Machfud saat PSBB

👤Faishal Taselan 🕔Minggu 05 April 2020, 10:15 WIB
WARGA Surabaya begitu mengapresiasi kepedulian Tokoh Masyarakat Surabaya Machfud Arifin, di tengah himbauan pembatasan sosial berskala...
ANTARA/Abriawan Abhe

Cegah Covid-19, Umat Kristen di Kupang Ibadah di Rumah

👤Palce Amalo 🕔Minggu 05 April 2020, 10:00 WIB
Ada juga sejumlah gereja yang melakukan siaran langsung prosesi ibadah kepada jemaat melalui live streaming di Facebook, serta radio milik...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya