Jumat 13 Maret 2020, 20:52 WIB

Cegah Korona, Sekolah di 6 Negara Bagian AS Ditutup

Nur Aivanni | Internasional
Cegah Korona, Sekolah di 6 Negara Bagian AS Ditutup

AFP
Mahasiswa Towson University di Maryland keluarkan barang selama liburan musim semi ketika novel virus korona menyebar.

 

SETIDAKNYA enam negara bagian AS telah memerintahkan sekolah-sekolah untuk ditutup. Itu dilakukan dalam upaya untuk mengekang penyebaran virus korona.

Sekolah-sekolah di Ohio, Michigan, Oregon, Maryland, Kentucky, dan New Mexico diminta untuk ditutup mulai Senin (16/3).

"Ini adalah langkah yang diperlukan untuk melindungi anak-anak kita, keluarga kita, dan kesehatan masyarakat kita secara keseluruhan," kata Gubernur Michigan Gretchen Whitmer dalam sebuah pernyataan, pada Kamis (12/3) malam.

Dikutip dari France24, Jumat (13/3), penutupan sekolah di Michigan berlangsung hingga 6 April.

Sementara itu, Gubernur Kentucky Andy Beshear merekomendasikan sekolah ditutup selama setidaknya dua minggu dan pihaknya membuat aturan untuk terus memberi makan bagi anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah.

Hampir 75% dari 650.000 anak yang bersekolah di sekolah umum di Kentucky berhak mendapatkan makanan gratis atau potongan harga, menurut departemen pendidikan negara bagian.

Gubernur Maryland, Mike Hogan, menutup sekolah selama dua minggu dan melarang semua pertemuan yang melibatkan lebih dari 250 orang untuk mencegah penyebaran virus korona.

"Bagi warga Maryland, tindakan-tindakan yang saya umumkan di sini hari ini akan mengganggu kehidupan sehari-hari Anda. Itu mungkin tampak ekstrem dan terdengar menakutkan. Tetapi itu bisa menjadi beda dalam menyelamatkan hidup dan menjaga orang tetap aman," katanya.

Di Oregon, Gubernur Kate Brown mengatakan mereka telah mencoba agar sekolah tetap buka, tetapi itu menjadi tidak mungkin saat ini karena masalah tenaga kerja dan ketidakhadiran siswa. Di sana, sekolah akan ditutup hingga akhir Maret.

Gubernur New Mexico, Michelle Lujan Grisham, mengatakan sekolah-sekolah di negara bagiannya juga akan tutup selama tiga minggu.

"Ini adalah langkah proaktif untuk membatasi kemungkinan masyarakat tertular Covid-19," kata Sekretaris Pendidikan New Mexico Ryan Stewart.

"Kami melihat negara bagian lain mengambil langkah ini setelah mereka mengalami masyarakat tertular virus ini. New Mexico akan menjadi proaktif dan melakukan semua yang kami bisa untuk mencegah potensi penyebaran virus," katanya.

Gubernur Ohio, Mike DeWine, memerintahkan sekolah untuk ditutup selama tiga minggu. Namun, lanjutnya, pihak sekolah harus mencari cara alternatif untuk menyediakan kelas bagi siswa. Ohio juga telah melarang pertemuan yang melibatkan lebih dari 100 orang.

Negara bagian Washington, yang telah mencatat 31 dari 40 kematian akibat virus korona di AS, menurut Johns Hopkins University, juga telah menutup semua sekolah di tiga wilayah di Seattle hingga 24 April. (France24/OL-2

Baca Juga

AFP/Filippo MONTEFORTE

Angka Kematian Akibat Covid-19 di Italia Naik Lagi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 07 April 2020, 05:36 WIB
Badan Perlindungan Sipil Italia mengatakan angka kematian harian akibat covid-19 berjumlah 636 pada Senin (6/4) naik dari 525 pada hari...
AFP

Kondisi Memburuk, PM Inggris Dirawat di ICU

👤Rudy Polycarpus 🕔Selasa 07 April 2020, 02:43 WIB
Boris telah menunjuk Menteri Luar Negeri Raab untuk menggantikan peranannya sebagai Perdana...
Dok MI: Duta

Empat Strategi Korsel Hadapi Covid-19 tanpa Karantina Wilayah

👤Antara 🕔Senin 06 April 2020, 21:57 WIB
Mereka mengikuti rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya