Jumat 13 Maret 2020, 17:55 WIB

KKP Tempatkan Tabung Isolasi Virus Korona di Bandara El Tari

PALCE AMALO | Nusantara
KKP Tempatkan Tabung Isolasi Virus Korona di Bandara El Tari

MI/PALCE AMALO
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Kupang, NTT menempatkan tabung isolasi untuk mengisolasi suspek virus korona di Bandara El Tari.

 

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Kupang, Nusa Tenggara Timur, mulai menempatkan tabung isolasi (isolation chambers) untuk mengisolasi suspek virus korona di Bandara El Tari, Jumat (13/3).

Tabung tersebut ditempatkan di kamar isolasi yang bersebelahan dengan kamar wawancara. Dua kamar ini berada di dalam holding room, tidak jauh dari peralatan pemindai suhu tubuh penumpang atau thermoscan.

"Jika ada penumpang yang datang dengan suhu tubuh 38 atau 39 derajat celcius, kita bawa ke holding room untuk wawancara singkat. Kita lihat lampiran orang dalam pengawasan dan pemantauan Kementerian Kesehatan. Jika penumpang itu memenuhi kriteria, kita masukkan ke dalam tabung isolasi," jelas Koordinator Wilayah Bandara El Tari, KKP Kupang, dr Vanny Djubida kepada wartawan.

Baca Juga: Khawatir Terkena Korona, Dua Warga Solo masuk Rumah Sakit

Menurutnya ada 33 kriteria orang dalam pengawasan dan pemantauan terkait virus korona yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan. Antara lain demam, batuk, pilek, broncopneumonia, serta orang yang melakukan kontak erat dengan penderita virus korona.

Selanjutnya, tambah dr Vanny, pihak KKP akan menghubungi rumah sakit rujukan virus korona sebelum mengeluarkan pasien tersebut bersama tabung isolasi untuk dibawa ke rumah sakit.

Tabung isolasi yang di dalamnya ditempatkan orang dengan suspek virus korona, dilengkapi Hepa Filter berukuran kecil yang berfungsi memberikan oksigen kepada pasien sekaligus mensterilkan udara di dalam tabung tersebut. "Hepa filter membuat tekanan udara menjadi negatif sehingga udara yang keluar itu sudah bersih," ujarnya.

Baca Juga: Insentif Pariwisata Indonesia Akibat Korona

Selain itu di dalam ruangan tersebut juga sudah terdapat satu unit peralatan hepa filter berukuran besar yang memiliki fungsi yang sama seperti hepa filter yang ditempatkan di tabung isolasi. "Hepa filter ini mensterilkan udara yang ada di dalam ruang isolasi sehingga udara yang keluar itu tidak menginfeksi atau membuat udara di luar itu tercemar," tandasnya. Menurut dokter Vannya, sampai saat ini belum ada penumpang yang tiba di terminal domestik dan internasional yang memiliki suhu sampai 38 derajat celcius. (PO/OL-10)

 

Baca Juga

ANTARA/ASEP FATHULRAHMAN

Gubernur Banten: Lockdown Tak Semudah Menutup Pintu

👤Wibowo Sangkala 🕔Senin 30 Maret 2020, 20:17 WIB
Banten sudah terintegrasi dengan Jakarta. Sehari-harinya orang Banten cari pekerjaan, cari upah, cari penghidupan ke Ibu...
AFP/Lionel BONAVENTURE

Bali Membuat Disinfektan Berbahan Dasar Arak

👤Antara 🕔Senin 30 Maret 2020, 20:07 WIB
3.000 liter arak Bali diteliti dan diekstrak menjadi alkohol murni 96 persen sesuai standar...
Antara

Seorang Pasien Positif Covid-19 di Banyuwangi Kondisinya Membaik

👤Usman Afandi 🕔Senin 30 Maret 2020, 20:05 WIB
Satu warga Banyuwangi, Jawa Timur yang positif terinfeksi virus covid-19 saat ini kondisinya semakin membaik. Uji swab sudah dilakukan....

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya