Jumat 13 Maret 2020, 17:18 WIB

Pasien Suspek Covid-19 Kabur Karena Takut Tertular Pasien Lain

Selamat Saragih | Humaniora
Pasien Suspek Covid-19 Kabur Karena Takut Tertular Pasien Lain

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Petugas medis di RSUP Persahabatan

 

JURU bicara Tim Dokter Pasien Covid-19 RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, Erlina Burhan, mengatakan, terdapat satu orang pasien positif covid-19 tapi melarikan dari ruang rawat isolasi. Peristiwa itu terjadi sekitar satu pekan lalu.

Pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyatakan, pasien tersebut dinyatakan positif terjangkit Covid-19. "Pasien tidak diizinkan ke luar ruang isolasi. Jadi kan ada pintu masuk, diam-diam dia ke luar. Padahal sudah ditunggu keluarga. Kita tahu, setelah dia ke luar," kata Erlina, di lokasi, Jumat (13/3).

Menurut Erlina, lima pasien Virus Corona di Indonesia sudah sembuh. Pasien itu berjenis kelamin perempuan dan merupakan warga DKI Jakarta.

"Ruang isolasi bukan kayak penjara digembok. Ada juga tempat masuknya. Karena pasien harus masuk dari depan, nah begitu masuk petugas meleng, pasien ke luar dan sudah ada keluarga," ujar Erlina.

Baca juga: Presiden: Indonesia Belum akan Lockdown

Diduga pasien tersebut kabur karena takut tertular dengan pasien positif Covid-19 lainnya.

Sebab, ruang isolasi di RSUP Persahabatan, satu kamar diisi dua pasien.

Karena itulah, lanjutnya, Presiden RI, Jokowi, mengakui Pemerintah merahasiakan sejumlah unformasi soal Corona.

Selalin itu, lanjut Erlina, kriteria ruangan penanganan Virus Corona juga dipastikan steril dan sesuai kriteria penanganan penyakit Covid-19.

"Ruangan kami bertekanan negatif jadi untuk transmisi itu sangat-sangat kecil kemungkinan dan juga untuk pengendalian dan pencegahan infeksi itu disarankan untuk tempat tidur berjarak minimal dua meter dan itu dilakukan," ujar Erlina. (OL-4)

Baca Juga

DOK MI

Bangkit Pulihkan Negeri untuk Indonesia Maju

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 26 Oktober 2020, 08:00 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan kegiatan pendukung dan manajemen yang dinilai tidak relevan di masa darurat...
Istimewa

Komite III DPD RI dan Mendkibud Jalin Komitmen Pendidikan Bermutu

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 Oktober 2020, 07:43 WIB
Komite III DPD RI memandang, diperlukan pelbagai penyesuaian dalam penyelenggaraan pendidikan tanpa mengesampingkan komitmen pendidikan...
MI/VICKY GUSTIAWAN

Sosialisasi AN Digesa

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 26 Oktober 2020, 05:05 WIB
Asesmen nasional sebagai pengganti UN dinilai sama sekali belum dipahami oleh sekolah dan siswa, baik di kota besar apalagi di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya