Jumat 13 Maret 2020, 17:13 WIB

Soal Antisipasi Korona, Ombudsman DKI: MRT Paling Siap

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Soal Antisipasi Korona, Ombudsman DKI: MRT Paling Siap

MI/Fransisco Carollio
Pengecekan suhu tubuh penumpang MRT di Stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

 

OMBUDSMAN RI Perwakilan Jakarta Raya melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah sarana transportasi publik di Ibu kota. Tingginya intensitas pertemuan masyarakat dalam transportasi publik berpotensi tinggi terhadap penularan virus korona (Covid-19).

Hasil temuan sidak yang dilakukan pada Kamis (12/3) ialah MRT merupakan penyedia layanan publik transportasi massal yang paling siap mengantisipasi Covid-19.

"Semua indikator terpenuhi oleh MRT. Kelemahan MRT tinggal di pengawasan terhadap ketaatan petugas dalam melaksanakan SOP. Kami juga masih menemukan pemeriksaan suhu tubuh di Stasiun Setiabudi Astra kadang dilakukan dan kadang tidak dilakukan," ujar Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya Teguh P Nugroho dalam keterangan resminya yang diterima Media Indonesia, Jumat (13/3).

 

Baca juga: Kabar Baik! Pasien 01 Sembuh dari Covid-19 dan Bisa Pulang

Teguh menuturkan dari seluruh pelayanan transportasi publik, Rail Link atau kereta bandara malah sama sekali tidak memperlihatkan kesiapsiagan penanganan Covid 19.

"Moda ini sebetulnya cukup vital karena mereka memberikan pelayanan kepada penumpang yang pergi dan kembali melalui bandara, termasuk penumpang yang baru tiba dari wilayah terpapar Covid 19," kata Teguh.

Baca juga: Anies: Bawalah Sajadah Sendiri atau Sapu Tangan untuk Alas Sujud

"Sebetulnya mereka bisa menjadi saringan kedua jika seseorang diduga terpapar Covid 19 dan lolos dari pemeriksaan bandara," lanjutnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Saksikan Pembersihan Masjid Istiqlal Cegah Korona

Temuan lainnya yaitu di commuter line. Sebagai transportasi dengan jumlah penumpang terbanyak, kata Teguh, commuter line justru belum menerapkan pengukuran suhu tubuh bagi seluruh pengguna.

"Kecuali kalau pengguna meminta dan dilaksanakan di ruang fasilitas kesehatan. Pengukuran suhu selain atas permintaan penumpang sudah mulai dilakukan secara random di beberapa stasiun seperti Bogor," tutur Teguh.

Informasi fasilitas kesehatan di commuter line, imbuhnya, juga belum cukup lengkap karena posisinya tersembunyi, tanpa petunjuk arah yang jelas dan menyulitkan penumpang jika mencari fasilitas tersebut.

Untuk LRT, prosedur mereka sudah hampir sama dengan MRT namun mereka belum memiliki SOP serinci dan setegas MRT. Masalah pengawasan juga masih lemah, namun semua fasilitas hang dimaksud telah tersedia.

"Petunjuk untuk ke fasilitas kesehatan saja mereka yang kurang, dan pemeriksaan kepada para staf sebelum dan sesudah tugas tidak terekam dengan baik," ucap Teguh.

Untuk temuan di halte busway Transjakarta, hanya ada cairan pembersih tangan yang tersedia di beberapa halte saja. Para petugas tidak memakai masker dan tidak ada fasilitas kesehatan. Lalu petunjuk kepada akses fasilitas kesehatan dan para petugas tidak mengetahui adanya SOP penanganan Covid 19 termasuk call centre Covid 19 DKI Jakarta.

Inspeksi tersebut menggunakan delapan indikator yaitu ketersediaan pengukuran suhu tubuh, ketersediaan cairan pembersih tangan, penyediaan dan penggunaan masker bagi para frontliner pemberi layanan di fasilitas transportasi publik, fasilitas kesehatan, petugas kesehatan, petunjuk ke fasilitas kesehatan, materi pendidikan pencegahan dan penanggulangan Covid 19 dan SOP penanganan Covid 19. (X-15)

 


 

Baca Juga

MI/Kisar Rajagukguk

Memasang Tanda Kuburan Massal Covid-19

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 03:00 WIB
ISAK tangis mewarnai pemakaman massal korban penyakit menular di blok khusus Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok...
ANTARA

Anies Jangan lagi One Man Show

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 02:20 WIB
GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan diharapkan tidak lagi sibuk bekerja sendiri setelah terpilihnya Wakil Gubernur DKI...
MI/Ramdani

Ini Aktivitas yang Harus Dihindari Selama PSBB di DKI

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 08 April 2020, 02:15 WIB
Akan ada tindakan penertiban bagi warga yang masih berkerumunan lebih dari lima orang. Penindakan ini akan melibatkan kepolisian dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya