Jumat 13 Maret 2020, 15:50 WIB

Permohonan Paspor Menurun Akibat Covid-19

Lina Herlina | Nusantara
Permohonan Paspor Menurun Akibat Covid-19

MI/Pius
Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Barat sedang memproses pembuatan paspor

 

Kantor Imigrasi Kelas 1 Makassar terlihat sepi sebab permintaan pembuatan paspor menurun. Hal ini merupakan dampak pandemi Covid-19.

 "Sejak munculnya kasus Covid-19, permohonan pembuatan paspor menurun sekitar 50 persen. Jadi, sekarang ini hanya 70-100 per hari. Tadinya bisa sekitar 160-200 per hari," ungkap Kepala Kantor Imigrasi Makassar Andi Pallawarukka, Jumat (13/3).

Penurunan itu, lanjut Pallawarukka, memang terjadi menyusul merebaknya wabah Covid-19 di sejumlah negara. Namun yang paling mempengaruhi penurunan itu adalah sejak pemerintah Arab Saudi menyetop sementara umrah dari sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Baca juga: Paspor Hilang Denda Rp1 Juta

"Jadi, dengan ditutupnya ibadah umrah itu sangat berpengaruh sekali untuk permohonan di kantor imigrasi. Selebihnya adalah mereka yang hendak bekunjung ke negara lainnya," lanjut Pallawarukka.

Tidak hanya itu, penurunan permohonan pembuatan paspor juga terjadi pada layanan antrean permohonan paspor secara daring, yang dibuka setiap hari Jumat untuk antrean seminggu ke depan. "Padahal biasanya kalau kita buka antrean hari Jumat itu, baru beberapa jam paling sudah habis untuk satu minggu," tpungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

MI/John Lewar

Bupati Manggarai Barat Serukan Gunakan Masker, Warga: Stok Kosong

👤John Lewar 🕔Selasa 07 April 2020, 21:08 WIB
"Sudah diimbau ke seluruh masyarakat. Karena virus ini bisa menyerang melalui pernafasan,"...
MI/Reza Sunarya

Pemkab Subang Temukan Kasus Pertama Positif Covid-19

👤Reza Sunarya 🕔Selasa 07 April 2020, 21:05 WIB
PEMERINTAH Kabupaten Subang, Jawa Barat mengkonfirmasi  1 pasien positif korona pertama di sana. Pasien merupakan warga  Subang...
ANTARA/ANDREAS FITRI ATMOKO

Kemenag Yogyakarta Siapkan Panduan Ibadah dari Rumah saat Ramadan

👤Antara 🕔Selasa 07 April 2020, 20:57 WIB
Sejalan dengan imbauan dari berbagai organisasi Islam besar yang ada di Indonesia seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama yang mengimbau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya