Jumat 13 Maret 2020, 14:52 WIB

Mulai Hari Ini, OJK Minta BEI Turunkan ARB Jadi 7%

Hilda Julaika | Ekonomi
Mulai Hari Ini, OJK Minta BEI Turunkan ARB Jadi 7%

ANTARA
Warga mengamati layar yang menampilkan infornasi pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (12/3/2020).

 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk mengubah ketentuan batas auto rejection bawah (ARB) menjadi 7% untuk seluruh fraksi harga.

Menurut Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal 2A Yunita Linda Sari OJK, ketentuan ARB sebesar 7% ini mulai berlaku hari ini, Jumat (13/3).

“Mengutip surat yang disampaikan OJK kepada bursa, selain menurunkan tingkat ARB dari sebelumnya 10% di pekan lalu, OJK juga memerintahkan untuk meniadakan saham-saham yang bisa diperdagangkan pada sesi pra pembukaan (pre-opening),” kata Yunita melalui keterangan resminya kepada Media Indonesia, Jumat (13/3).

Selain itu, terkait dengan saham yang baru melakukan pencatatan di bursa (listing) batas auto rejection yang ditetapkan hanya bisa satu kali dari persentase batas auto rejection yang ditetapkan oleh bursa berdasarkan fraksi harganya.

Seperti diketahui, sebelumnya untuk saham-saham yang diperdagangkan secara perdana biasanya bisa mencapai auto reject atas (ARA) sebanyak dua kali dari batas ARA yang ditetapkan.

Adapun besarannya bervariasi berdasarkan fraksi harga, yakni 35% untuk harga Rp50-Rp200/saham, 25% untuk harga Rp200-Rp5.000/saham dan 20% untuk harga di atas Rp5.000.

Pasar modal dunia dan dalam negeri saat ini tengah mengalami tekanan setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan virus korona (Covid-19) sebagai pandemi global. (E-3)

Baca Juga

Ist

Tetap Positif di Masa Krisis, TASPEN Raih Penghargaan idAAA

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 03:20 WIB
Peringkat idAAA mencerminkan karakteristik kesehatan keuangan yang terbaik karena idAAA adalah peringkat tertinggi atas kesehatan keuangan...
ANTARA

Tepat Memilih Masker saat Pandemi

👤MI 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 00:30 WIB
AKTIVITAS di era new normal selama masa pandemi coronavirus disease (covid-19) mengharuskan masyarakat menggunakan...
Dok. Pribadi

Buruh Diminta Ikut AKtif Membahas RPP UU Cipta Kerja

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 00:11 WIB
"Maka kami sebagai bagian dari kelompok aktivis buruh mengajak rekan-rekan kami yang lain untuk saatnya kita fokus pada pembahasan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya