Jumat 13 Maret 2020, 13:44 WIB

Dampak Korona, Jahe Merah Langka Dijual Rp90 Ribu per kg

Kristiadi | Nusantara
Dampak Korona, Jahe Merah Langka Dijual Rp90 Ribu per kg

MI/Kristiadi
Langkanya jahe merah membuat pembeli menyerbu jahe putih untuk mencegah virus korona.

 

SAAT ini jahe merah juga mengalami kelangkaan setelah merebaknya virus korona. Di Tasikmalaya, jahe merah susah dicari, dan harganya mahal. Di Tasikmalaya, kelangkaan jahe merah dijumpai di banyak pasar. Harga jahe merah saat ini dijual Rp90 ribu per kg dari harga normal Rp16 ribu per kg.

Reza, pedagang rempah-rempah mengatakan jahe merah sudah sulit didapatkan. Pembeli kini beralih ke jahe putih. Selain jahe putih, pembeli juga memborong temulawak, kencur dan kunyit.

"Untuk harga jahe putih pun sama mengalami peningkatan sampai 500 persen. Sebelumnya harga jahe putih dijual Rp10 ribu per kg, setelah wabah korona dijual Rp50 ribu per kg," kata Reza, Jumat (13/3).

baca juga: Anggota DPRD Bali Dicek Suhu Tubuh Sebelum Sidang Paripurna

Reza mengatakan, harga jahe merah terakhir dijual di pasaran mencapai Rp80 ribu hingga Rp95 ribu per kilogramnya. Padahal, sebelum wabah virus korona, harga jahe merah Rp16 ribu per kg.

"Sekarang jahe merah sudah langka. Masyarakat juga memanfaatkan jeruk peras untuk campuran minuman. Ada juga jeruk nipis dengan kecap untuk obat batuk," pungkasnya. (OL-3)

 

 

Baca Juga

MI/Rendy Kurniawansyah

Sudah 1.559 Orang di Babel Daftar Kartu Pra Kerja

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Selasa 07 April 2020, 13:26 WIB
1.559 pekerja tersebut terdiri dari 221 orang di-PHK dan 1338 orang yang dirumahkan baik perusahaan umum, hotel maupun restoran. Jumlah itu...
ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Ratusan Pemudik dan ABK KM Lambelu Diperiksa di Tengah Laut

👤Palce Amalo 🕔Selasa 07 April 2020, 12:01 WIB
Ratusan pemudik yang naik kapal menuju Pelabuhan Lorens Say Maumere  diperiksa kesehatannya di tengah laut untuk mencegah penyebaran...
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Pemkot Jambi Bagikan Ribuan APD Produksi UMKN untuk Paramedis

👤Solmi 🕔Selasa 07 April 2020, 11:55 WIB
Alat pelindung diri produksi keroyokan dari pelakukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tersebut diperuntukkan bagi petugas medis di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya