Jumat 13 Maret 2020, 13:44 WIB

Dampak Korona, Jahe Merah Langka Dijual Rp90 Ribu per kg

Kristiadi | Nusantara
Dampak Korona, Jahe Merah Langka Dijual Rp90 Ribu per kg

MI/Kristiadi
Langkanya jahe merah membuat pembeli menyerbu jahe putih untuk mencegah virus korona.

 

SAAT ini jahe merah juga mengalami kelangkaan setelah merebaknya virus korona. Di Tasikmalaya, jahe merah susah dicari, dan harganya mahal. Di Tasikmalaya, kelangkaan jahe merah dijumpai di banyak pasar. Harga jahe merah saat ini dijual Rp90 ribu per kg dari harga normal Rp16 ribu per kg.

Reza, pedagang rempah-rempah mengatakan jahe merah sudah sulit didapatkan. Pembeli kini beralih ke jahe putih. Selain jahe putih, pembeli juga memborong temulawak, kencur dan kunyit.

"Untuk harga jahe putih pun sama mengalami peningkatan sampai 500 persen. Sebelumnya harga jahe putih dijual Rp10 ribu per kg, setelah wabah korona dijual Rp50 ribu per kg," kata Reza, Jumat (13/3).

baca juga: Anggota DPRD Bali Dicek Suhu Tubuh Sebelum Sidang Paripurna

Reza mengatakan, harga jahe merah terakhir dijual di pasaran mencapai Rp80 ribu hingga Rp95 ribu per kilogramnya. Padahal, sebelum wabah virus korona, harga jahe merah Rp16 ribu per kg.

"Sekarang jahe merah sudah langka. Masyarakat juga memanfaatkan jeruk peras untuk campuran minuman. Ada juga jeruk nipis dengan kecap untuk obat batuk," pungkasnya. (OL-3)

 

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Bareskrim Selidiki Dugaan Cagub Sumbar Curi Start Kampanye

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 24 November 2020, 17:09 WIB
Pasangan calon gubernur Sumbar, Mulyadi-Ali Mukhni melakukan kampanye di luar jadwal melalui sebuah tayangan di program televisi nasional...
DOK USU

Dua Mengundurkan Diri, Empat Orang Ikuti Audisi Calon Rektor USU

👤Puji Santoso 🕔Selasa 24 November 2020, 17:06 WIB
Empat kandidat calon rektor akan memaparkan program kerja sesuai dengan visi dan misi USU apabila terpilih sebagai rektor USU periode...
DOK MI

Pemkab Sukabumi Serahkan Bantuan 1.315 Rapid Test Kit

👤Benny Bastiandy 🕔Selasa 24 November 2020, 16:54 WIB
Pelaksanaan Pilkada yang bersamaan pandemi covid-19, harus memberikan rasa aman dan nyaman. Tak hanya bagi penyelenggara, tapi juga kepada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya