Jumat 13 Maret 2020, 10:50 WIB

Anies Minta Khotbah Jumat Sampaikan Kewaspadaan Korona

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Anies Minta Khotbah Jumat Sampaikan Kewaspadaan Korona

MI/Atet
Salat di mesjid

 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau kepada pengurus masjid untuk menyampaikan pesan kewaspasaan soal virus korona. Khususnya menjelang kegiatan salat Jumat, khatib diminta untuk menyerukan kewaspadaan tersebut.

"Kepada pengurus masjid, saya berpesan pertama, pada saat pengumuman, selalu selipkan pesan kewaspadaan tentang wabah (korona) ini kepada seluruh jamaah. Ingatkan juga untuk rajin cuci tangan dengan sabun dan hindari sentuhan fisik untuk sementara waktu," ujar Anies dalam pesan suaranya, Jakarta, Jumat (13/3).

Baca juga: Anies Janji Terbuka Soal Virus Korona agar Warga tidak Panik

Selain itu, Anies juga mengimbau kepada pengurus masjid agar membantu jamaah dengan menyediakan sabun di area-area wudhu.

"Saya juga berpesan untuk mengingatkan agar proses pembersihan masjid ditingkatkan dan ditingkatkan. Ini amat penting sekali. Mari kita tingkatkan kewaspadaan sebagai wujud tanggung jawab kita atas keselamatan seluruh warga Jakarta," jelas Anies.

Adapun imbauan Anies kepada warganya saat melaksanakan shalat Jumat ialah membawa sajadah sendiri atau bawa sapu tangan untuk alas sujud. Jangan lupa, imbuhnya, untuk cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah kegiatan salat Jumat

"Untuk sementara waktu, hindari jabat tangan. Hindari cium pipi. Gunakan metode lain untuk saling bersapa tanpa harus bersentuhan," papar Anies.

Lalu, lanjut Anies, bila sedang flu, sedang batuk, gunakan masker. "Dan bila tiba-tiba akan batuk atau bersin, tutupi mulut dan hidung dengan tisu atau dengan lipatan siku tangan," pungkasnya.

Seperti diketahui, Badan Kesehatan Dunia atau WHO telah mengumumkan bahwa penyakit Covid-19 kini telah menjadi pandemi global. "Di Indonesia dan di Jakarta, kasusnya masih terus bertambah," ujar Anies. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Anies: 283 Jenazah Dibungkus dengan Plastik, Petugas Pakai APD

👤Selamat Saragih 🕔Senin 30 Maret 2020, 20:34 WIB
Hal itu berpijak pada fakta bahwa 283 jenazah dimakamkan menggunakan protokol pemulasaran jasad pasien covid-19 sejak awal Maret...
Antara/Akbar Nugroho Gumay

Anies Pastikan 5 Kebutuhan ini Tersedia Jika Jakarta Lockdown

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 30 Maret 2020, 20:31 WIB
"Di dalam usulan kami ada beberapa sektor yang harus tetap bisa berkegiatan, adalah energi, pangan, kesehatan, komunikasi, dan...
MI/Tri Subarkah

Beroperasi Normal, Terminal Pulogebang Mulai Sepi Penumpang

👤Tri Subarkah 🕔Senin 30 Maret 2020, 20:25 WIB
"Mau nggak mau harus pulang kampung. Soalnya di Jakarta kan sudah nggak kerja. Terus mau makan apa kita? Saya di proyek sudah lima...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya