Jumat 13 Maret 2020, 07:15 WIB

Golkar-PAN Bahas Stabilitas Politik

Rifaldi Putra Irianto | Politik dan Hukum
Golkar-PAN Bahas Stabilitas Politik

MI/M IRFAN
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menerima Ketua Umum PAN Zulkifl i Hasan di Gedung DPP Golkar, Jakarta, kemarin.

 

DEWAN Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar menerima kunjungan rombongan DPP Partai Amanat Nasional (PAN) yang dipimpin Ketua Umum Zulkifli Hasan, di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta, tadi malam.

Pengurus DPP PAN yang hadir dalam kesempatan itu di antaranya Ketua Majelis Penasihat Partai (MPP) Hatta Rajasa, Ketua Dewan Kehormatan PAN Soetrisno Bachir, Zulkifli Hasan, Wakil Ketua Umum Asman Abnur, Sekjen Eddy Suparno, Yandri Susanto, dan Totok Daryanto.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto seusai menemui jajaran DPP PAN meng-ungkapkan ada beberapa hal yang disepakati kedua partai politik tersebut dalam perte-muan kali ini. Salah satunya terkait dengan Pilkada 2020.

"Ada beberapa wilayah atau daerah baik itu provinsi, kabupaten/kota yang antara Partai Golkar dan PAN ada irisan-irisan untuk kerja sama di pil-kada," kata Airlangga.

Namun demikian, Airlangga menyatakan belum dapat menjelaskan secara spesifik disebabkan masih diperlukan pembahasan lebih jauh lagi.

Tidak hanya membahas soal pilkada, Airlangga juga menyebutkan pertemuan itu demi menjaga stabilitas politik Indonesia di tengah pergolakan dunia beberapa waktu belakang.

"Pandangan ketidakpastian dunia begitu banyak, mulai terkait virus korona dan juga perlambatan ekonomi dunia.

Kami sepakat bahwa untuk kepentingan bangsa dan negara, stabilitas politik itu menjadi penting," papar Airlangga.

Zulkifli Hasan menyebutkan di samping bersilaturahim, pihaknya mengundang Ketua Umum Partai Golkar untuk hadir dalam pelantikan pengurus DPP PAN yang baru pada 25 Maret mendatang.

Ketika menyinggung kere-takan di internal PAN, Zulkifli yang akrab dipanggil Zulhas itu mengungkapkan segala persoalan kepengurusan PAN sudah selesai.

"Insya Allah kalau sudah kongres selesai biasanya nanti akan kompak lagi, hanya perlu waktu saja sedikit," cetusnya.

Di saat yang sama, perte-muan ketua umum partai juga digelar Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat. Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman menyambangi Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, kemarin.

Sekretaris Jenderal PKS Mustafa Kamal mengatakan pertemuan itu sebagai bagian dari safari silaturahim kebangsaan yang digelar PKS beberapa waktu terakhir. "PKS ingin bertukar pikiran mengenai kondisi bangsa saat ini dengan SBY yang kini memegang nakhoda utama Partai Demokrat."

Berbagai isu kebangsaan dibawa dalam perbincangan dengan SBY, antara lain persoalan PT Asuransi Jiwasraya, omnibus law, Pilkada 2020, dan RUU Pemilu.

Kongres Demokrat

Di tengah pandemi covid-19, Partai Demokrat tidak mengubah jadwal kongres yang akan berlangsung di Jakarta Convention Center esok hingga 16 Maret. Demokrat mengharuskan semua peserta didampingi dokter dan surat keterangan sehat sebagai antisipasi.

"Iya betul, kongres akan tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan dan kita membuatnya serapi mungkin," kata Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Demokrat, Ferdinand Hutahaean kepada Media Indonesia, kemarin.

Menurut Ferdinand, peserta akan dibatasi, yakni satu orang per dewan pimpinan daerah (DPD), begitu juga dewan pimpinan cabang (DPC). Agenda kongres yang salah satunya memilih ketua umum itu tidak ada perubahan.

Persiapan lebih komprehensif akan dijelaskan Sekretaris Jenderal DPP Demokrat Hinca Panjaitan, hari ini. (Cah/Ant/P-2)

Baca Juga

Antara/Muhammad Iqbal

DPR Optimistis Target Partisipasi Pemilih Pilkada 2020 Tercapai

👤Putra Ananda 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 17:33 WIB
Tingginya partisipasi pemilih dapat menjadi salah satu indikator kualitas pelaksanaan...
DOk. Sekretariat Pers Presiden Ri

Wakil Ketua DPR : Kunjungan PM Jepang bukan Kunjungan Biasa

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 17:03 WIB
Kunjungan itu memberi sinyal kepada pemerintah, agar tidak melupakan peran strategis Jepang membangun harmoni geopolitik dan ekonomi dunia...
Antara

Usut Penyebab Kebakaran Kejagung, Penyidik Gelar Ekspos

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 16:33 WIB
"Sore ini pukul 15.30 WIB sesuai rencana, penyidik ekspos di depan jaksa peneliti di Kejagung," ujar Karopenmas Divisi Humas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya