Kamis 12 Maret 2020, 22:49 WIB

Pasien DBD di Cirebon Meningkat

Antara | Nusantara
Pasien DBD di Cirebon Meningkat

ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Ilustrasi penderita DBD

 

RUMAH Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati Kota Cirebon, Jawa Barat, mencatat ada peningkatan pasien demam berdarah dengue (DBD) yang dirawat selama musim hujan kali ini dibandingkan pada tahun sebelumnya. "Kalau dilihat datanya, empat bulan terakhir itu pasien DBD meningkat dibandingkan tahun sebelumnya dengan waktu yang sama," kata Kepala Bidang Pelayanan Medis RSD Gunung Jati Cirebon Zulfikar di Cirebon, Kamis (12/3).

Zulfikar menuturkan pada Januari 2020 kemarin ada sebanyak 26 pasien DBD yang ditangani RSD Gunung Jati, jumlahnya meningkat dibandingkan Januari 2019 silam, di mana pada waktu itu hanya 6 pasien yang dirawat.

Sementara data sejak bulan Oktober 2019 hingga Januari 2020 totalnya ada 55 pasien DBD yang dirawat di RSD Gunung Jati. "Sedangkan, pada Oktober 2018 hingga Januari 2019 lalu totalnya hanya 18 pasien DBD yang dirawat," ujarnya.

Namun lanjut Zulfikar semua pasien yang dirujuk ke RSD Gunung Jati tidak ada kasus kematian, hanya saja ada beberapa pasien yang masih dirawat.

Dia menambahkan rata-rata pasien yang terjangkit DBD dan dirawat di RSD Gunung Jati berusia 15 hingga 24 atau mayoritas pasien berstatus usia produktif, meskipun demikian ada juga balita yang dirawat.

Untuk itu pihaknya mengimbau kepada semua masyarakat untuk berprilaku hidup sehat dengan melakukan tiga M, yaitu mengubur, menutup dan menguras. "Karena nyamuk DBD hidup digenangan atau penampungan air, jadi bukan di selokan yang terutama harus berprilaku hidup sehat," katanya. (OL-12)

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Kemenhub RI, Perpanjang Bandara Rendani Manokwari

👤Martinus Solo 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 14:25 WIB
Kemenhub mulai mengerjakan proyek perpanjangan runway landasan pacu sekaligus box cover bandara Rendani Manokwari, Papua Barat agar...
ANTARA/RAISAN AL FARISI

Perahu Terbalik di Waduk Saguling, Dua Orang Tewas

👤Depi Gunawan 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 13:45 WIB
Kedua korban berupaya menolong penumpang lain yang tercebur waduk. Namun, niat tersebut berujung tragis karena jusutru keduanya...
MI/Heri Susetyo

Pipa Gas MBGI yang Bocor Selesai Diperbaiki

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 12:13 WIB
Pipa gas milik MBGI tersebut bocor di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin pada Jumat (10/7) siang. Namun, kebocoran itu sudah selesai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya