Kamis 12 Maret 2020, 22:12 WIB

Keberangkatan 194 Jemaah Umrah Belitung Tertunda

Antara | Nusantara
Keberangkatan 194 Jemaah Umrah Belitung Tertunda

AFP/Abdel Ghani Bashir
Suasana di Tanah Suci

 

SEBANYAK 194 calon jamaah umrah yang berasal dari Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ditunda keberangkatannya akibat kebijakan penangguhan umrah yang diberlakukan oleh Pemerintah Arab Saudi beberapa waktu lalu.

"Mungkin nanti ada kebijakan dan keputusan dari Pemerintah Arab Saudi karena sampai sekarang belum dibuka untuk perjalanan umrah," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Belitung, Masdar Nawawi di Tanjung Pandan, Kamis (12/3).

Menurut dia, berdasarkan data hingga 10 Maret 2020 diketahui sebanyak 282 jamaah yang telah mendaftarkan untuk melakukan ibadah umrah, 88 orang di antaranya sudah diberangkatkan dan 194 lainnya masih menunggu. "Data ini merupakan hasil pendataan pada sebanyak sembilan biro perjalanan umrah yang ada di Kabupaten Belitung," ujarnya.

Masdar menambahkan, untuk sementara waktu masing-masing biro perjalanan menjadwalkan ulang keberangkatan calon jamaah umrah yang berasal dari daerah itu. "Jadi dijadwalkan ulang pemberangkatannya sampai setelah kebijakan penundaan itu dibuka kembali oleh pemerintah Arab Saudi," katanya.

Ia juga memastikan bahwa saat ini seluruh jamaah umrah asal daerah itu telah kembali ke Tanah Air dan tidak ada yang tertahan di negara lain.

Dirinya juga mengimbau agar para jamaah tetap bersabar dan mengambil hikmah atas kebijakan tersebut. "Kita mengambil hikmahnya karena imbauan dari pemerintah untuk kebaikan dan keselamatan jamaah itu sendiri," ujarnya. (OL-12)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Ratusan Pemudik dan ABK KM Lambelu Diperiksa di Tengah Laut

👤Palce Amalo 🕔Selasa 07 April 2020, 12:01 WIB
Ratusan pemudik yang naik kapal menuju Pelabuhan Lorens Say Maumere  diperiksa kesehatannya di tengah laut untuk mencegah penyebaran...
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Pemkot Jambi Bagikan Ribuan APD Produksi UMKN untuk Paramedis

👤Solmi 🕔Selasa 07 April 2020, 11:55 WIB
Alat pelindung diri produksi keroyokan dari pelakukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tersebut diperuntukkan bagi petugas medis di...
MI/Akhmad Safuan

PKK Blora Bagian Ribuan Masker dan Vitamin

👤Akhmad Safuan 🕔Selasa 07 April 2020, 11:46 WIB
Pada tahap pertama ini, demikian Umi Kulsum, dibagikan 4.500 masker baik nonmedis dan medis, hand sanitizer, serta vitamin untuk warga di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya