Kamis 12 Maret 2020, 22:06 WIB

BMKG Imbau Masyarakat Waspada Hujan dan Petir

Dwi Apriani | Nusantara
BMKG Imbau Masyarakat Waspada Hujan dan Petir

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
Ilustrasi hujan.

 

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumsel memprediksi saat ini provinsi Sumsel tengah memasuki kondisi puncak musim hujan, Kamis (12/3). Sesuai dengan prakiraan musim hujan Sumsel tahun ini, puncak musim hujan di Sumsel diperkirakan akan berlangsung pada Maret hingga awal April 2020.

Kasi Data dan Informasi BMKG Kenten Palembang, Nandang Pangaribowo mengatakan, pada puncak musim hujan, masyarakat diimbau agar mewaspadai cuaca ekstrem di mana akan terjadi hujan lebat disertai petir yang akan terjadi di Sumsel. "Untuk masyarakat harap waspada karena hujan yang turun juga disertai angin kencang dan petir. Diprediksi kondisi ini akan terus berlangsung beberapa hari ke depan," ujarnya.

Ia menjelaskan, secara khusus hujan yang disebabkan awan konvektif dan orografis pada siang hingga sore hari di wilayah Sumsel akan berpotensi tetap terjadi selama musim hujan.

Sementara pada dini hari hingga pagi hari udara akan berpotensi terjadi kabut radiasi hari yang dapat mengurangi jarak pandang. "Kalau sedang di luar rumah, hindari parkir di bawah pohon. Waspadai genangan banjir dan pergeseran tanah," kata Nandang.

Menurutnya, kondisi ini terjadi lantaran seiring aktifnya musim hujan di wilayah Sumsel dengan indikasi masih aktifnya Angin Muson Cina Selatan (Muson Barat) yang sarat uap air dan melalui wilayah Indonesia pada umumnya dan wilayah Sumsel pada khususnya.

Secara lokal, permukaan Sumsel yang umumnya berkarakteristik rawa dan sungai menjadi penyuplai uap air dan adanya pusat tekanan rendah di wilayah Australia (Belahan Bumi Selatan) dan adanya ITCZ (Inter Tropical Convergence Zone)/DKAT atau Daerah Konvergensi Antar Tropik. (OL-12)

Baca Juga

Dok. Pribadi

MCMI Kepri Diharapkan Ikut Bantu Ekonomi Umat Di Masa Pandemi

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 00:03 WIB
"Saat ini kebutuhan rasa kebersamaan menjadi sangat penting terlebih negara kita bahkan seluruh dunia sedang dalam cobaan besar dengan...
Istimewa

Ahmad M Ali Donasikan 1.000 Masker untuk Gereja Kristen Sulteng

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 22:10 WIB
ANGGOTA Komisi III DPR RI Fraksi NasDem Ahmad M Ali menyalurkan bantuan seribu masker untuk dibagikan kepada seluruh Jamaat Gereja Kristen...
MI/Gabriel Langga

Menkop Teten Luncurkan Digitalisasi UMKM Kopdit Obor Mas

👤Gabriel Langga 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 21:12 WIB
Teten juga mengakui ada tiga problem dasar yang dialami oleh pelaku UMKM yang ketika memasukan produknya di market...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya