Kamis 12 Maret 2020, 20:11 WIB

UMI Makassar Beberkan Cara Memproduksi Antiseptik Berbiaya Murah

Antara | Nusantara
UMI Makassar Beberkan Cara Memproduksi Antiseptik Berbiaya Murah

ANTARA FOTO/Abriawan Abhe
Dosen dan mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (UMI) membuat produk hand sanitizer.

 

DEKAN Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia UMI Makassar Dr Ir Zakir Sabara HW, ST, MT, ASEAN Eng membeberkan cara memproduksi antiseptik atau hand sanitizer dengan biaya yang sangat murah. "Sebenarnya membuat hand sanitizer itu mudah, semua kampus yang ada fakultas MIPA atau jurusan kimianya bisa membuatnya termasuk anak SMK semua membuatnya dengan mudah. Yang ingin kita edukasi itu bahwa membuat hand sanitizer itu gampang dan semua masyarakat bisa membuatnya," ujarnya.

Ia mengatakan hand sanitizer yang diproduksinya itu untuk menjawab kelangkaan yang ada di pasaran atas respon penularan wabah virus Korona atau Covid-19. Zakir menyatakan banyak bahan-bahan untuk membuat hand sanitizer sangat mudah didapatkan di toko-toko kosmetik maupun bahan kimia, bahkan disekitar rumah seperti lidah buaya.

Sementara itu, Kepala Laboratorium Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Industri (FTI) UMI, Rismawati Rasyid menambahkan untuk membuat hand sanitizer bahan-bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Beberapa bahan yang dibutuhkan itu alkohol dengan kadar 70 persen, aloe vera dan minyak esensial yang bisa disesuaikan dengan keinginan seperti jeruk, lavender, atau teh.

Untuk membuatnya juga cukup mudah, lidah buaya atau aloe vera yang sudah dihaluskan ditimbang dengan berat 10 gram kemudian dicampurkan dengan alkohol 70 persen sebanyak 30 mililiter (ml) lalu ditambahkan minyak esensial sebanyak 10 tetes kemudian diaduk rata dan dimasukkan dalam kemasan. "Cara membuatnya mudah kok, bisa pakai alat sederhana di rumah, pakai blender juga bisa. Bahan-bahannya bisa didapatkan di toko kosmetik untuk minyak esensial dan alkoholnya di toko bahan kimia," katanya. (OL-12)

Baca Juga

Dok  BPBD Toraja

Tiga Warga Meninggal Tertimbun Longsor di Toraja

👤Lina Herlina 🕔Minggu 05 April 2020, 09:25 WIB
Ketiganya ialah bapak bernama Bottong, 80, ibu bernama Rita, dan anak laki-laki bernama Yen, 12. Ketiganya tewas tertimbun longsor di dalam...
Dok BPBD Toraja

Hujan Deras, Tana Toraja Dilanda Longsor dan Banjir

👤Lina Herlina 🕔Minggu 05 April 2020, 08:37 WIB
Material longsor juga menutup aliran air, sehingga air meluap dan menyapu empat rumah milik...
ANTARA/HO-Humas Polres Puncak Jaya

Sebar Hoaks Covid-19, Seorang Pria Ditangkap di Puncak Jaya

👤Antara 🕔Minggu 05 April 2020, 08:22 WIB
Pelaku terancam hukuman penjara selama 6 tahun dan denda sebesar Rp1...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya