Kamis 12 Maret 2020, 19:45 WIB

Tidak Dicover BPJS, Anies Jamin Bantu Warga Periksa Korona

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Tidak Dicover BPJS, Anies Jamin Bantu Warga Periksa Korona

MI/Susanto
Gubernur DKI Anies Baswedan memastikan Jakarta siap jadi backup dan bertanggung jawab jika BPJS tidak membiayai virus korona

 


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjamin bakal membantu warganya soal pembiayaan tes pemeriksaan gejala suspect virus korona, jika tidak ditanggung oleh BPJS.

Hal itu berdasarkan keterangannya saat sosialisasi Pencegahan Pengendalian dan Update Situasi Corona Virus Disease (Covid-19) bersama Direktur RS dan Tenaga Medis Se-Jakarta pada Kamis (5/3) lalu.

"Jadi, nanti soal BPJS ini, kalau sampai BPJS tidak menanggung, nanti DKI kita atur untuk menutup (biaya)," kata Anies di Jakarta, Kamis (12/3).

Pernyataan Anies tersebut merupakan jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan oleh salah satu perwakilan RS Pelabuhan Jakarta. Perwakilan dari RS Pelabuhan tersbeut menanyakan mengapa jika ada warga yang belum positif korona dan ingin memeriksa tes awal gejala virus itu tidak dicover oleh BPJS. Padahal, menurutnya, beban biaya bisa memberatkan warga.

Baca juga: Kasus Korona Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan Karena Berstatus KLB

Anies mengatakan seharusnya negara hadir membantu dalam kondisi apapun. "Menurut saya, harusnya BPJS dari awal bilang, ini adalah institusi negara. Ini problem yang tidak direncanakan ada di negara ini. Kalau kejadian, bukannya lepas tangan," tutur Anies.

Menurut Anies, BPJS harusnya langsung bilang, kami siapkan, kami siapkan, dibuat yang di ujung. "Kan bapak ibu yang di ujung depan bukan? Yang di ujung depan itu (harus) tenang begitu loh. (Misalnya bilang) sudah, bapak ibu, nanti kami tutup. Nanti kami bantu. Kan tenang bukan? Lah mosok pasien datang, mikir tagihannya bagaimana nanti gitu," tambahnya.

Seharusnya, imbuh Anies, pimpinan rumah sakit tidak usah memusingkan tagihan yang membengkak.

"Masa pimpinan RS musingin tagihan. Sudah gitu cari pinjaman pula. Gitu kan cerita semua RS kan? Ini ada masalah yang lebih besar lagi di sana. Tapi intinya Jakarta siap jadi backup, maka Jakarta ambil tanggung jawab. Jelas itu. Itu yang bisa saya jawab," tandas Anies. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Wahyu Putro A

Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Landa di Jakart

👤Antara 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 03:55 WIB
Daerah yang patut diwaspadai terjadi hujan disertai petir/kilat dan angin kencang itu yakni Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Kepulauan...
MI/Vicky Gustiawan

Ragunan Batasi Pengunjung 5.000 Orang per Hari Saat Normal Baru

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 29 Mei 2020, 23:10 WIB
Mekanisme untuk mengatur batasan jumlah pengunjung ke Ragunan dilakukan dengan mewajibkan pengunjung mendaftar secara...
MI/ Barry F

Masa Tanggap Darurat Depok Diperpanjang hingga 30 Juni

👤Kisar Rajagukguk 🕔Jumat 29 Mei 2020, 23:06 WIB
Sementara itu, Idris menyampaikan hingga saat ini terjadi penambahan kasus konfirmasi positif sebanyak 4 kasus menjadi 551...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya