Kamis 12 Maret 2020, 19:44 WIB

Lampung dan NTT Jadi Daerah Terbanyak Kasus DBD di Indonesia

Atalya Puspa | Humaniora
Lampung dan NTT Jadi Daerah Terbanyak Kasus DBD di Indonesia

Antara/Kristian Ali
Petugas melakukan pengasapan (fogging) di Lampung Selatan untuk mengantisipasi penularan Demam Berdarah Dengue

 

PROVINSI Lampung dan Nusa Tenggara Timur jadi provinsi paling banyak terdapat kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia.

"Lampung masih menjadi paling tinggi, ada 3.004 kasus dengan kematian 13. Disusul NTT 2.757 kasus dengan jumlah kematian 32 orang," kata Siti Nadia tarmizi, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan, kepada Media Indonesia, Kamis (12/3).

Hingga 12 Maret 2020, Kemenkes mencatat terdapat sebanyak 19.391 kasus DBD yang mengakibatkan 132 orang meninggal dunia. Dibanding kemarin, artinya kasus DBD meningkat sebanyak 1.571 dalam waktu satu hari.

Adapun, sejumlah provinsi lain yang juga tinggi kasus DBD, yakni Jawa Timur dengan jumlah 1.761 kasus. Selanjutnya, Jawa Barat dengan jumlah 1. 420 kasus, Jawa Tengah 1.197 kasus, Riau 1.104 kasus, dan Jambi 1.081 kasus.

Baca juga : Kasus DBD di Temanggung 2020 Tertinggi dalam Empat Tahun Terakhir

Nadia memastikan, pihaknya terus berupaya untuk mencegah penyebaran lebih luas kasus DBD yang memang menjadi endemik di negara tropis. Menurutnya, negara tropis lain juga mengalami kasus DBD seperti Indonesia.

"Singapura saja yang infrastrukturnya sudah sedemikian hebat, masih ada kasus DBD. Nah, DBD pasti akan tetap ada selama negara ini masih jadi negara tropis. Nyamuk aidesnya maiah hidup drngan kita," katanya.

"Tapi kita harus terus menjaga agar tidak terjadi KLB besar-besaran, karena pasti kita akan menghadapi DBD," tandasnya. (OL-7)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Deteksi Dini Penting Untuk Selamatkan Penderita Kanker Payudara

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 23:33 WIB
Menurutnya jika kanker payudara ditemukan dalam stadium awal maka kemungkinan untuk bisa mencapai harapan hidup yang lebih lama adalah 98...
MI/Andri Widiyanto

100 Tahun Indonesia Emas Ada di Tangan Pemuda

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 23:18 WIB
Untuk dapat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik dan menciptakan masyarakat yang lebih sejahtera, para pemuda harus memiliki karakter...
Biro Pers Istana

Jokowi: Penghormatan Tertinggi untuk Dokter Gugur saat Pandemi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 18:20 WIB
"Keteladanan yang ditunjukkan para dokter di masa pandemi ini telah menginspirasi jutaan anak bangsa untuk saling menolong, saling...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya