Kamis 12 Maret 2020, 18:31 WIB

Pemprov DKI Cegah Korona Menulari di Permukiman Padat

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pemprov DKI Cegah Korona Menulari di Permukiman Padat

MI/Saskia Anindya
Wajah permukiman padat penduduk di Jakarta

 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan berbagai upaya untuk mencegah penularan virus korona di semua area. Tak hanya di transportasi publik, tapi juga di berbagai tempat keramaian hingga ke permukiman padat penduduk.

Menurut Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Penduduk dan Permukiman Suharti, (Pemprov) menyebut ada kekhawatiran tersendiri dari Pemprov DKI Jakarta terkait hal tersebut.

"Akan lebih bahaya kalau masuk ke wilayah padat penduduk karena sirkulasi udara yang tidak bagus sehingga penduduk tinggal dalam kondisi rumah yang tidak baik," kata Suharti di Balai Kota, Kamis (12/3).

Baca juga: Anies Klarifikasi Viral KRL Bogor-Jakarta Tularkan Virus Korona

Sirkulasi udara tidak baik dan kepadatan yang tinggi berpotensi membuat penularan virus terjadi lebih cepat. Selain itu, lanjut Suharti, di permukiman padat penduduk tidak memungkinkan adanya ruang isolasi.

"Di sana tidak punya fasilitas di rumah untuk melakukan self karantina," tegas Suharti.

Oleh karena itu, saat ini pihaknya fokus meminimalisasi penularan melalui upaya mitigasi di berbagai tempat termasuk transportasi publik. "Semua transportasi melakukan protokol sesuai perda," ungkapnya.

Diketahui hingga kini sudah ada 34 orang di Indonesia yang ditetapkan positif korona. Tiga pasien yang dinyatakan sembuh, tapi di sisi lain ada dua pasien yang dinyatakan meninggal dunia.

Baca Juga

Antara

Anies: 283 Jenazah Dibungkus dengan Plastik, Petugas Pakai APD

👤Selamat Saragih 🕔Senin 30 Maret 2020, 20:34 WIB
Hal itu berpijak pada fakta bahwa 283 jenazah dimakamkan menggunakan protokol pemulasaran jasad pasien covid-19 sejak awal Maret...
Antara/Akbar Nugroho Gumay

Anies Pastikan 5 Kebutuhan ini Tersedia Jika Jakarta Lockdown

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 30 Maret 2020, 20:31 WIB
"Di dalam usulan kami ada beberapa sektor yang harus tetap bisa berkegiatan, adalah energi, pangan, kesehatan, komunikasi, dan...
MI/Tri Subarkah

Beroperasi Normal, Terminal Pulogebang Mulai Sepi Penumpang

👤Tri Subarkah 🕔Senin 30 Maret 2020, 20:25 WIB
"Mau nggak mau harus pulang kampung. Soalnya di Jakarta kan sudah nggak kerja. Terus mau makan apa kita? Saya di proyek sudah lima...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya