Kamis 12 Maret 2020, 18:15 WIB

Raja dan Ratu Belanda Terkesima Tari Tortor

Puji Santoso | Nusantara
Raja dan Ratu Belanda Terkesima Tari Tortor

MI/Puji Santoso
Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti mendapat ulos Pinuncaan saat berkunjung ke Danau Toba

 

Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti saat tiba di Dusun Siambat Dalan, Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Kamis (12/2) siang. Masyarakat begitu antusias menyambut kedatangan Raja dan Ratu Kerajaan Belanda.

Sementara itu, sejumlah tokoh adat menunggu kedatangan Raja dan Ratu Kerajaan Belanda di depan rumah Adat Batak (Jabu) yang sudah berusia lebih dari 400 tahun. Mereka menari Tortor. Raja Willem dan Ratu Maxima merasa takjub dan terkesima dengan tarian Tortor. Mereka merasa tersanjung.

Usai menari, tokoh adat mengalungkan selembar kain ulos kepada keduanya. Ternyata ulos yang diberikan sarat makna. Di kalangan masyarakat Batak tenun itu disebut Ulos Pinuncaan. Ulos ini dibuat dari perpaduan benang merah, hitam, putih, dan emas.

Baca juga; Kunjungan Raja Belanda Tawarkan Investasi Baru

Dari berbagai keterangan, Ulos Pinuncaan tersebut terdiri dari lima bagian yang ditenun secara terpisah dan kemudian dijadikan satu. Biasanya ulos ini dipakai oleh raja-raja dalam berbagai ritual adat.

Pinuncaan merupakan induknya ulos. Pinuncaan juga merupakan ulos yang dianggap paling mahal dalam adat Batak. Mereka juga menyaksikan pembuatan kain ulos.

Sebelum mengunjungi Jabu, mereka sempat pergi ke Bukit Singgolom. "Di Bukit Singgolom hanya 15 menit. Kesan mereka begitu wonderful. Saya menemani raja dan ratu menjelaskan tentang Danau Toba," kata DirekturUtama Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) Arie Prasetyo.

Arie berharap kunjungan kenegaraan ini bisa menjadi pendongkrakwisatawan untuk berkunjung ke Danau Toba. Apalagi Danau Toba akan ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark (UGG) oleh Unesco pada April mendatang.

"Kita berharap pihak Belanda merespons soal investasi, paling tidak melakukan joint promotion hingga bisa membawa turis ke sini karena Danau Toba memang sangat menarik," ujarnya.

Arie juga menjelaskan bahwa sekarang pemerintah sedang giat membangun Danau Toba sebagai 10 Bali baru. "Danau Toba merupakan destinasi super prioritas di era Pemerintahan Presiden Joko Widodo," tandasnya. (OL-14)

Baca Juga

MI/Januari Hutabarat

Petani Tapanuli Utara Diminta tidak Jual Beras ke Luar Daerah

👤Januari Hutabarat 🕔Selasa 07 April 2020, 17:43 WIB
Menurutnya  luas lahan panen padi sawah dan padi gogo di daerah tersebut 2020 49.253,34 hektare dengan produksi gabah kering ...
MI/Palce Amalo

PDP Sembuh di NTT Lima Orang, 18 Sampel Negatif Korona

👤Palce Amalo 🕔Selasa 07 April 2020, 17:39 WIB
"Saat ini ODP yang dirawat enam orang dan PDP yang dirawat sembilan orang,"...
blog.ajengnurbayanti

Puskesmas Kejaksaan Cirebon Buka Pelayanan Daring

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 07 April 2020, 17:35 WIB
PUSKESMAS Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat membuka layanan daring/online. Hal ini untuk mencegah sebaran virus korana (Covid-19) dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya