Kamis 12 Maret 2020, 16:54 WIB

Anjlok 5,01%, IHSG Dibekukan Jelang Penutupan Perdagangan

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Anjlok 5,01%, IHSG Dibekukan Jelang Penutupan Perdagangan

Raja Suhud
Indeks saham dibekukan jelang penutupan

 

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup stabil di posisi 2.58,35 poin atau melemah 5,01% di level 4895,74. Menjelang penutupan perdagangan Kamis (12/3) pukul 15.33 WIB, IHSG dibekukan (trading halt) untuk mencegah penurunan lebih jauh.

Menurut Analis Binaartha Sekuritas M Nafan Aji Gusta Utama melemahnya IHSG khususnya maupun indeks global lebih dipengaruhi oleh faktor penyebaran virus korona yang masih masif.

Dengan menyentuh angka 5,01%, sesuai dengan peraturan baru BEI, trading halt menjadi langkah yang tepat untuk menghentikan sementara perdagangan dalam kurun waktu 30 menit. Meskipun demikian, Nafan yakin bahwa fundamental ekonomi Indonesia masih terjaga.

"So far, Indonesia masih dalam peringkat investment grade level oleh lembaga pemeringkat internasional sehingga masih dipandang bahwa fundamental makroekonomi masih cenderung stabil," ungkapnya kepada Media Indonesia, Kamis (12/3).

Sementara itu, Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi menilai penurunan IHSG juga disebabkan oleh beberapa hal antara lain bursa global yang mayoritas melanjutkan penurunan setelah WHO menetapkan wabah virus korona menjadi pandemi dari epidemi.

"Selain itu, Indeks berjangka di AS melanjutkan pelemahan pagi ini. Juga kasus virus korona di Indonesia kian bertambah, di mana kita tahun tambahan 30 pasien di bekasi. Lalu investor juga tengah melakukan aksi tunggu pada realisasi emiten dalam melakukan buyback saham disaat minimnya katalis positif dan terakhir aksi panic selling investor melihat aksi investor asing di ekuitas maupun di SBN dari emerging market," tambah Lanjar.

Menurut Lanjar, sistem halt ini digunakan untuk menanggulangi penurunan yang signifikan akibat aksi panic selling investor melihat beberapa indikator indeks future yang turun tajam. (E-3)

Baca Juga

Antara/Budi Candra Setya

Halau Dampak Covid-19 ke UMKM, Pemerintah Terbitkan 8 Kebijakan

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 03 April 2020, 21:11 WIB
Program pertama, pemerintah akan mengajukan stimulus daya beli produk UMKM dan...
Antara

Tiga Negara Siap Pasok Bawang Bombai

👤Antara 🕔Jumat 03 April 2020, 19:10 WIB
Dalam waktu dekat sebanyak 5.500 ton bawang bombai dari Selandia...
ANTARA

Telkomtelstra Gratiskan Layanan Teknologi untuk Bekerja di Rumah

👤Heryadi 🕔Jumat 03 April 2020, 18:02 WIB
Inisiatif ini ditujukan untuk mendukung sektor bisnis di Indonesia tetap berjalan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya