Kamis 12 Maret 2020, 13:05 WIB

BPJAMSOSTEK Sosialisasi PP 82 tahun 2019 Kepada Serikat Pekerja

mediaindonesia.com | Ekonomi
BPJAMSOSTEK Sosialisasi PP 82 tahun 2019 Kepada Serikat Pekerja

Istimewa
Acara Silaturhami BPJAMSISTEK Kanwil DKI Jakarta dengan Serikat Pekerja & Serikat Buru se-DKI Jakarta.

 

BPJAMSOSTEK Kanwil DKI Jakarta mengadakan sosialisasi program Perisai dan sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 Tahun 2019 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Sosialisasi program Perisai atau Penggerak Jaminan Sosial Indonesia dan kenaikan manfaat program BPJAMSOSTEK sesuai PP No 82 Tahun 2019 diikuti para pengurus dan anggota Serikat Pekerja dan Serikat Buruh yang dilaksanakan di Shantika Hotel, Jakarta,  Kamis (12/3).

Dalam sambutannya, Arif Zahari, Asisten Deputi Bidang Kepesertaan selaku Pps.Deputi Direktur Wilayah BPJAMSOSTEK DKI Jakarta, mengatakan bahwa Serikat Pekerja atau Serikat Buruh merupakan mitra strategis BPJAMSOSTEK.

“Oleh karena itu, kegiatan sosialisasi ini sangat penting untuk dilaksanakan, selain menjalin komunikasi yang baik dengan mitra juga sebagai sarana promosi dan edukasi tentang program BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Arif.

Melalui sosialisasi, Arif berharap anggota Serikat Pekerja dan Serikat Buruh dapat meng-update pengetahuan tentang keagenan Perisai dan menjadi duta dalam menyampaikan informasi tentang penambahan manfaat layanan program JKK dan JKM  sesuai PP Nomor 82 tahun 2019.

Sebagaimana diketahui bahwa pemerintah melalui PP Nomor 82 telah mengumumkan kenaikkan manfaat BPJAMSOSTEK tanpa kenaikan iuran, di antaranya berupa kenaikkan manfaat beasiswa sebesar 1.350% dan total santunan kematian sebesar 75%.

Manfaat JKK kian membaik

Program JKK yang diselenggarakan BPJAMSOSTEK meliputi perlindungan dari risiko kecelakaan kerja bagi pekerja dimulai dari perjalanan berangkat, pulang dan di tempat bekerja serta pada saat melaksanakan perjalanan dinas.

JKK selama ini telah hadir dengan manfaat lengkap, di antaranya perawatan dan pengobatan tanpa batasan biaya sesuai kebutuhan medis, bantuan biaya transportasi korban kecelakaan kerja, santunan pengganti upah selama tidak bekerja, santunan kematian sebesar 48 kali upah, santunan cacat total hingga maksimal sebesar 56 kali upah, bantuan beasiswa, hingga manfaat pendampingan dan pelatihan untuk persiapan kembali bekerja atau return to work.

Selain itu, santunan pengganti upah selama tidak bekerja, ditingkatkan nilainya menjadi sebesar 100% untuk 12 bulan dari sebelumnya 6 bulan dan seterusnya sebesar 50% hingga sembuh.

Peningkatkan manfaat juga untuk biaya transportasi untuk mengangkut korban yang mengalami kecelakaan kerja. Biaya transportasi angkutan darat dinaikan dari Rp1 juta menjadi maksimal Rp5 juta, biaya transportasi angkutan laut naik dari Rp1,5 juta menjadi Rp2 juta, dan biaya transportasi angkutan udara dinaikan menjadi Rp 10 juta dari sebelumnya Rp 2,5 juta.

Untuk bantuan beasiswa manfaat program JKK terjadi kenaikan manfaat yang signifikan. Sebelumnya, bantuan beasiswa diberikan sebesar Rp 12 juta untuk satu orang anak, saat ini menjadi maksimal sebesar Rp 174 juta untuk dua orang anak. Kenaikan manfaat beasiswa BPJAMSOSTEK dari program JKK tersebut mencapai 1350%.

Program JKM juga mengalami peningkatan manfaat signifikan. Selama ini ahli waris menerima santunan kematian yang diberikan secara sekaligus dan berkala selama 24 bulan. Bantuan biaya pemakaman dan beasiswa untuk 1 orang anak dari peserta program JKM  sebesar Rp 24 juta.

Namun, dengan disahkannya PP No 82 Tahun 2019peraturan ini total manfaat santunan JKM meningkat sebesar 75% menjadi Rp 42 juta. “Hal ini tidak terlepas dari kepedulian pemerintah untuk membantu meringankan beban pekerja atau keluarganya yang ditinggalkan,” tutur Arif.

Kepada media, Arif menjelaskan bahwa acara sosialisasi bertujuan untuk silaturahim dan meningkatkan hubungan dengan stakeholder terutama dengan serikat pekerja dan buruh yang menjadi bagian dari ekosistem jaminan sosial tenaga ketenagakerjaan yang memiliki peranan penting.

Kedua, BPJAMSOSTEK Wilayah DKI Jakarta ingin menginformasikan perubahan manfaat kepada anggota serikat pekerja. Dengan terbitnya PP No 82 Tahun 2019, banyak manfaat lebih yang didapat  peserta program BPJAMSOSTEK.

“Beberapa program mengalami kenaika ratusan persen hingga ribuan persen. Kenaikan manfaat ini perlu diinformasikan langsung kepada pengurus serikat pekerja,” kata Arif.

BPJAMSOSTEK juga memiliki program Perisai dan berharap anggota Serikat Pekerja dan Buruh bisa menjadi anggota Perisai. “Karena mereka memiliki komunitas dan bisa menjangkau ke level perusahaan kecil dan mikro,” jelasnya.

Arif menjelaskan bahwa ada poin penting lain dari kegiatan sosialisasi. “Hal yang tadi mengemuka adalah ada usulan terkait bagaimana meng-cover untuk tenaga kerja yang mengalami kecelakaan tetapi perusahaannya tidak patuh.”

“ Persoalannya selama ini ada perusahaan yang tidak membayar iuran secara tertib, maka konsekuensinya pihak BPJAMSOSTEK tak bisa menanggung mereka. Itu yang tadi diskusinya hangat,” jelas Arif.

Menurut Arif, persoalan tetap tidak tanggung BPJAMSOSTEK atau ada mekanisme breakhtrough memberi kepastian bagi pekerja terkait perusahaan yang tidak membayar iuran secara bak.

“Tadi usulan bagaimana sosialisasi bisa menyentuh ke level tenaga kerja. Saya pikir itu bisa menjadi input bagi kami untuk memperbaiki kinerja kami dan komunikasi dengan pekerja,” jelasnya. (OL-09)

Baca Juga

Antara/Budi Candra Setya

Halau Dampak Covid-19 ke UMKM, Pemerintah Terbitkan 8 Kebijakan

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 03 April 2020, 21:11 WIB
Program pertama, pemerintah akan mengajukan stimulus daya beli produk UMKM dan...
Antara

Tiga Negara Siap Pasok Bawang Bombai

👤Antara 🕔Jumat 03 April 2020, 19:10 WIB
Dalam waktu dekat sebanyak 5.500 ton bawang bombai dari Selandia...
ANTARA

Telkomtelstra Gratiskan Layanan Teknologi untuk Bekerja di Rumah

👤Heryadi 🕔Jumat 03 April 2020, 18:02 WIB
Inisiatif ini ditujukan untuk mendukung sektor bisnis di Indonesia tetap berjalan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya