Kamis 12 Maret 2020, 14:44 WIB

Covid-19 Jadi Pandemi, Pemerintah Kumpulkan Semua Kekuatan

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Covid-19 Jadi Pandemi, Pemerintah Kumpulkan Semua Kekuatan

Antara
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko

 

KEPALA Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkapkan penanganan virus korona di Indonesia kini tidak lagi bertumpu pada Kementerian Kesehatan.

Langkah tersebut diambil setelah World Health Organization menetapkan status covid-19 sebagai pandemi, naik satu tingkat dari epidemi.

Dengan kenaikan status tersebut, Kantor Staf Presiden akan mulai melibatkan perguruan tinggi, para ahli dan pusat-pusat penelitian dan pengembangan kesehatan untuk turut serta menyelesaikan permasalahan global tersebut.

"Ketentuan WHO akan menjadi rujukan utama. Kita tidak lagi bertumpu pada Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan, kita libatkan semua kekuatan yang ada, teman-teman di perguruan tinggi," ujar Moeldoko di Komoleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (12/3).

Indonesia juga akan terus berupaya menemukan obat yang mampu menyembuhkan korona.

"Kemarin saya bicara dengan rektor Universitas Airlangga. Mereka punya reagen juga. Mereka bisa mendeteksi. Ini nanti yang akan kita komunikasikan agar bisa ditangani sama-sama," tutur dia.

Moeldoko juga meminta masyarakat untuk mengikuti protokol yang ditetapkan pemerintah, termasuk terkait hal-hal ysng sedianya terlihat sepele seperti anjuran mencuci tangan dan tidak bersin sembarangan.

"Masyarakat harus memiliki kesadaran tinggi. Cuci tangan, bersin, memasuki area, itu semua sudah diatur dan jangan sampai itu hanya menjadi sekedar aturan saja, hanya sebuah tulisan, tetapi harus jadi komitmen bersama. Masyarakat harus jalankan itu semua," tegas dia. (OL-2)

Baca Juga

Antara/Dedhez Anggara

NasDem: Penerapan PSBB Sebaiknya Libatkan TNI

👤Putra Ananda 🕔Selasa 07 April 2020, 16:19 WIB
Mengingat TNI memiliki kelengkapan infrastruktur dan sistem komando yang jelas. Sehingga, perlu dilibatkan dalam penanganan...
MI/SUSANTO

​​​​​​​IPW: Sosok Deputi Penindakan KPK Harus Teruji di Lapangan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 07 April 2020, 15:53 WIB
"Sehingga bisa membawa KPK pada penyelesaian kasus korupsi dengan profesional, modern, dan dipercaya publik," ujar Neta, Selasa...
Dok.MI

AJI-LBH Pers Sebut TR Kapolri Bisa Berangus Kebebasan Berekspresi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 07 April 2020, 15:47 WIB
Penggunaan pasal-pasal bermasalah yang dapat memberangus kebebasan berekspresi dan kritik terhadap...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya