Kamis 12 Maret 2020, 14:15 WIB

Karena Korona, Khutbah Jumat di Malaysia Dipersingkat

Antara | Internasional
Karena Korona, Khutbah Jumat di Malaysia Dipersingkat

Mohd RASFAN / AFP
Suasana di pusat kota Kuala Lumpur

 

KANTOR Perdana Menteri Malaysia menyarankan khutbah sholat Jumat diperpendek saat negara menghadapi pandemi wabah Covid-19.

Menteri Kantor Perdana Menteri Hal Ehwal Agama, Datuk Seri DrZulkifli Mohamad Al-Bakrimenyampaikan saran tersebut usai menghadiri Majelis Tausiyah AM agensi agama di Masjid Tuanku Mizan Sultan Zainal Abidin di Putrajaya, Kamis.

Dia mengatakan khutbah perlu langsung kepada pesan yang hendak disampaikan. Mufti Wilayah Persekutuan tersebut mengatakan saran tersebut diantara lima kertas kerja yang akan dikemukakan kepada Majlis Fatwa untuk mendapatkan solusi berhubung situasi yang terjadi sekarang ini.

Dalam kertas kerja Zulkifli menyarankan agar jamaah mengambil wudlu di rumah dan pihak masjid diminta menyediakan masker dan cairan pembasmi kuman sebagai langkah pencegahan.

“Mereka yang mengalami simptom Covid-19 tidak perlu hadir sholat Jumat karena termasuk dalam golongan orang yang sakit,” katanya.

Dia mengatakan yang dinyatakan positif Covid-19 dibolehkan tidak mengerjakan sholat Jumat tetapi diganti dengan sholat dhuhur di rumah masing-masing.

Dia juga menyarankan mengadakan perbincangan dengan Majelis Fatwa berhubung nikah kawin dan pengurusan mayat yang terkena Covid-19.(OL-4)

Baca Juga

Antara

Vietnam Protes Penenggelaman Kapal oleh Tiongkok

👤Antara 🕔Sabtu 04 April 2020, 17:17 WIB
Vietnam dan Tiongkok telah bertahun-tahun terlibat dalam pertikaian tentang bentangan perairan yang berpotensi kaya energi, yang disebut...
AFP

Korban Jiwa Akibat Covid-19 di Inggris Tembus 3.600

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 04 April 2020, 17:00 WIB
Dorongan ‘tinggal di rumah’ adalah instruksi, bukan permintaan. Petugas medis setempat meminta setiap orang untuk tidak...
AFP/DIBYANGSHU SARKAR

India Persiapkan Skenario Perpanjangan Karantina Wilayah

👤Antara 🕔Sabtu 04 April 2020, 16:57 WIB
Karantina bisa diperpanjang di Mumbai dan daerah perkotaan Maharashtra dalam dua...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya