Kamis 12 Maret 2020, 13:30 WIB

Satu WNI Lagi di Singapura Positif Virus Korona

Nur Aivanni | Internasional
Satu WNI Lagi di Singapura Positif Virus Korona

AFP/ROSLAN RAHMAN
Pengunjung memakai masker pada 17 Februari 2020 saat di Merlion Park Singapura

 

Kementerian Kesehatan Singapura pada Rabu (11/3) mengumumkan kasus positif COVID-19 ke-170 di Singapura, yaitu seorang Warga Negara Indonesia (WNI) perempuan yang berusia 56 tahun. KBRI di Singapura menginformasikan WNI tersebut tiba di Singapura pada 9 Maret 2020 dan langsung diantarkan ke Singapore General Hospital (SGH) di hari yang sama.

"Hasil tes yang bersangkutan dinyatakan positif COVID-19 pada sore hari tanggal 10 Maret. WNI tersebut merasakan timbulnya gejala COVID-19 sejak 6 Maret saat berada di Indonesia," bunyi pernyataan resmi KBRI Singapura yang diterima Media Indonesia, Kamis (12/3).

Baca juga: Menyikapi Memburuknya Penyebaran Korona di Singapura

WNI tersebut merupakan anggota keluarga dari WNI kasus ke-152 yang sebelumnya juga dinyatakan positif COVID-19.

Dengan demikian, total ada lima WNI telah dikonfirmasi positif COVID-19 di Singapura. Dari 4 WNI yang masih dirawat, kondisi 3 WNI dinyatakan stabil, sementara 1 WNI berada di ICU.

KBRI akan terus melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berwenang terkait penanganan WNI tersebut.

Berdasarkan ketentuan pemerintah Singapura, terhitung sejak 7 Maret, seluruh pendatang yang mengunjungi Singapura dengan short-term visit pass (visa turis/kunjungan 30 hari) yang menjalani pengobatan COVID-19 di Singapura diharuskan membayar biaya pengobatan.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Singapura akan terus melakukan tes COVID-19 secara gratis kepada semua pihak sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19 di Singapura.

KBRI Singapura kembali mengingatkan kepada seluruh WNI yang berada di Singapura dan WNI yang berencana untuk berkunjung ke Singapura bahwa status DORSCON Oranye masih berlaku di Singapura untuk mengatasi COVID-19. Oleh karena itu, kewaspadaan yang tinggi masih tetap diperlukan, khususnya apabila menghadiri kegiatan yang melibatkan banyak peserta dan berkunjung ke tempat umum. (OL-14)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/REUTERS/Mike Hutchings/foc/djo

Menteri Komunikasi Afsel Kena Sanksi Disiplin Langgar Karantina

👤Antara 🕔Rabu 08 April 2020, 20:01 WIB
Berdasarkan aturan yang diterapkan, masyarakat hanya diizinkan keluar rumah untuk kegiatan yang sangat...
AFP

Setelah Vanuatu, Topan Harold Hantam Fiji

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Rabu 08 April 2020, 17:56 WIB
Badai dahsyat meninggalkan jejak kehancuran. Banyak atap rumah rusak,dan sejumlah wilayah mengalami...
Dok Indonesia Bersatu

Indonesia Bersatu di AS Kirim Pesan untuk Tenaga Medis di RI

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Rabu 08 April 2020, 16:54 WIB
Tercatat video yang masuk sampai saat ini datang dari Atlanta, Carolinas, Chicago, Dallas, Denver, Las Vegas, Los Angeles, Minnesota, New...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya