Kamis 12 Maret 2020, 12:24 WIB

Pematangsiantar Raih Nominasi Manggala Karya Kencana

Belvania Sianturi | Nusantara
Pematangsiantar Raih Nominasi Manggala Karya Kencana

MI/Belvania Sianturi
Pematangsiantar Meraih Nominasi Manggala Karya Kencana.

 

Pematangsiantar masuk nominasi penerima Manggala Karya Kencana (MKK) bidang Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Tim Penilai Pemberian Tanda Kehormatan MKK Provinsi Sumatera Utara (Sumut) telah diterima Wali Kota Pematangsiantar yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Happy Oikumenis Daely beserta jajaran, di ruang rapat Serbaguna kantor Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pembangunan (Bapppeda), Kota Pematangsiantar.

Happy Oikumenis Daely mengatakan merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan yang besar karena Kota Pematangsiantar masuk dalam nominasi penilaian MKK di bidang KKBPK.

Sebelumnya, Kota Pematangsiantar juga telah meraih Manggala Karya Kencana pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 tingkat nasional di Banjarmasin. Diharapkan, Pemkot Pematangsiantar terus eksis dalam peningkatan berbagai pelayanan, terkhusus saat ini di bidang pelayanan Keluarga Berencana (KB).

Baca Juga: Logo Baru BKKBN Menuju Cara Baru untuk Generasi Milenial

"Perlu saya sampaikan, Pemerintah Kota Pematangsiantar melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana akan senantiasa berkomitmen penuh mendukung program nasional dalam perkembangan program Keluarga Berencana dan pembangunan keluarga sejahtera," terangnya.

Masyarakat diajak berperan serta untuk dapat terus bersinergi mendukung suksesnya program KB yang berkesinambungan di Kota Pematangsiantar. Sebab keluarga menjadi tempat pertama yang harus dibenahi.

"Seluruh masyarakat harus bersatu-padu untuk menjadikan keluarga sebagai awal pembangunan kemasyarakatan. Suami, istri, dan anak harus senantiasa dapat hidup rukun serta mampu berusaha menciptakan keluarga yang harmonis. Anak harus mendapat perlindungan dan pendidikan yang layak. Kekerasan dalam rumah tangga harus kita hindarkan. Gizi yang cukup serta pendukung kesehatan harus menjadi prioritas yang utama dalam menciptakan keluarga kecil sejahtera," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan apresiasi keberadaan TP  PKK Kota Pematangsiantar yang turut berperan aktif dalam mendukung program KB dan peningkatan keluarga sejahtera.

Baca Juga: Logo Baru BKKBN Menuju Cara Baru untuk Generasi Milenial

"Teruslah berkarya, berikan yang terbaik buat warga Kota Pematangsiantar. Seluruh pengurus PKK berbagai tingkatan beserta kader harus saling bahu-membahu memberikan yang terbaik, terkhusus pada saat ini menyukseskan program keluarga kecil bahagia di Kota Pematangsiantar. saya juga mengimbau instansi terkait, stakeholder, serta para kader dapat saling menopang untuk menyukseskan program KB di Kota Pematangsiantar," katanya.

Ketua Tim Penilai Radiatun Adawiyah mengatakan, maksud dan tujuan kedatangan mereka, untuk memberikan penilaian atas usulan Ketua TP PKK Kota Pematangsiantar untuk penerimaan penghargaan MKK.

Baca Juga: Dharma Wanita BKKBN Maksimalkan Dukungan Program KKBPK

"Perlu kita ketahui, Manggala Karya Kencana adalah penghargaan yang diberikan Kepala BKKBN kepada gubernur, bupati/wali kota, dan Ketua TP PKK atas kepedulian dalam mendukung dan membantu Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Penghargaan akan diberikan pada waktu momentum nasional," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Pematangsiantar, Syahputri memberikan dukungan atas keberhasilan program KKBPK yang ikut memonitoring Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) yang dapat dikenal masyarakat, serta dapat diakses secara optimal. Kemudian, ikut serta dalam pelaksanaan kegiatan pencanangan Kampung KB pada tahun 2016 dan 2017 di delapan kecamatan. Lalu, terlibat langsung dalam kegiatan Kelompok Bina Keluarga Balita dengan melakukan pembinaan kepada ibu sasaran dan pengecekan pertumbuhan dan perkembangan kesehatan anak. (AP/OL-10)

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Laboratorium Covid-19 di NTT Beroperasi Akhir April 2020

👤Palce Amal 🕔Rabu 08 April 2020, 15:55 WIB
Pembangunan laboratorium (lab) untuk pemeriksaan swab pasien terjangkit virus korona (covid-19) di Nusa Tenggara Timur, rampung akhir April...
Facebook @institutteknologibandung

Tiadakan Wisuda, ITB Terbitkan Ijazah Digital

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 08 April 2020, 15:13 WIB
"Cara membedakan yang asli dengan yang palsu, masyarakat dapat memeriksanya di laman...
MI/Ruta Suryana

Perolehan Gerakan 10 Ribu Masker di Bali Lampaui Target

👤Ruta Suryana 🕔Rabu 08 April 2020, 14:55 WIB
Dari 10 ribu yang ditergetkan, sampai hari ini sudah terkumpul 22 ribu masker,  bantuan dari pelaku UKM, pengusaha, hingga gerakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya