Kamis 12 Maret 2020, 10:49 WIB

Aceh Singkil Masuk Destinasi Wisata Super Prioritas

Hendra Saputra | Nusantara
Aceh Singkil Masuk Destinasi Wisata Super Prioritas

ANTARA FOTO/Ampelsa
Pengunjung menikmati suasana pantai di Pulau Panjang, Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh.

 

MENKO Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif, Wishnutama memuji keindahan sektor wisata Aceh Singkil, walaupun masih ada yang perlu dibenahi.

"Berkunjung ke Aceh Singkil, kami sudah mempelajari cepat, sudah keliling sekitar 20 menit di sini," ujar Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat berkunjung ke Aceh Singkil, Rabu (11/3).

Menurut Luhut, sejumlah destinasi wisata di Aceh Singkil sangat bagus, meliputi pantainya yang indah serta pasirnya sangat putih.

"Paling penting saya sampaikan adalah kebersihan, sampah plastik jangan sampai buang sembarang. Pariwisata kalau jorok tidak ada gunanya. Terus harus ramah kepada turis yang datang," ujar Luhut.

Ia mengatakan, Presiden Joko Widodo sangat memperhatikan Aceh dan menyampaikan salamnya untuk masyarakat Aceh Singkil.

"Pesan saya, tidak mungkin pemerintah membuat kebijakan publik yang akan mencederai rakyatnya. Jangan terpengaruh berita yang tidak baik dimana-mana, kami dari pemerintah akan berbuat terbaik," katanya.

Luhut juga menyampaikan beberapa hal, di antaranya pelabuhan laut yang sudah dikoordinasi kepada Menteri Kelautan dan Perikanan. Kemudian tambahnya, pelabuhan udara, menyangkut 6 kabupaten, perpanjangan 2000 meter agar bisa masuk pesawat boeing. Menyangkut dengan pariwisata, katanya, bersama menteri pariwisata akan mengirimkan tim untuk lebih mempelajari wisata Aceh Singkil.

"Saya juga sudah mengarahkan dan membantu gubernur dan petinggi-petinggi Aceh bertemu dengan investor termasuk  di Abu Dhabi. Investor Abu Dhabi sangat tertarik investasi di sini," ujar Luhut.

Ia menyebutkan, pembangunan jembatan penghubung Aceh Selatan dan Aceh Singkil cold storage juga sudah diarahkan untuk segera diproses. Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif, Wishnutama yang baru pertama kali ke Aceh Singkil, saat memantau dari udara melihat banyak sekali potensi wisata di wilayah tersebut.

"Saya sudah banyak ngobrol dengan pak Menko tentang potensi Aceh Singkil, Pemerintah juga sangat menseriusi berkembangnya pariwisata di Indonesia," ujarnya.

Tapi tambahnya, untuk saat ini karena sedang merebaknya virus korona membuat pariwisata semakin berkurang. Sehingga masyarakat diharapkan bersabar terlebih dahulu.

baca juga: Dampak Gempa Cianjur Dua Rumah di Bandung Barat Rusak

Di kesempatan yang sama, Wakil Bupati Aceh Singkil Sazali mengatakan dengan hadirnya Menko Kemaritiman dan Investasi bersama Menteri Pariwisata ke daerahnya, diharapkan semua program terkait pengembangan dan pembangunan kelautan dan juga perikanan serta pariwisata dapat segera final.

"Kita harapkan semua program yang telah disampaikan Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Pusat melalui kepada Menko Kemaritiman dan Investasi  bersama Menteri Pariwisata dapat berjalan sesuai harapan," ujarnya. (OL-3)

 

Baca Juga

MI/Lina Herlina

Mentan Pastikan Pupuk tidak Bermasalah Lagi

👤LN/SS/N-3 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 04:10 WIB
“Semua provinsi, kabupaten dan kota sudah dialokasikan. Sampai hari sudah direalisasikan 74,09% dan masih ada 24% lebih belum...
ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

Dana Dikurangi, Penanganan Bencana Tetap Jalan

👤RF/DG/LD/JS/MR/PO/N-3 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 01:22 WIB
“Dengan dana Rp12 miliar, tahun ini kita tetap bekerja, tetapi sebatas melakukan normalisasi dan pengerukan sungai,” kata...
Antara/Embong Salampessy

KKP Salurkan Bantuan 24 Ton Pakan Ikan ke Maluku Utara

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 00:31 WIB
Bantuan ini merupakan tahap awal dari total 122 ton pakan ikan mandiri, yang akan didistribusikan ke 10 provinsi di wilayah Indonesia...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya