Kamis 12 Maret 2020, 09:25 WIB

Menteri Kelautan Raih Gelar Doktor Komunikasi

(BY/N-1) | Nusantara
Menteri Kelautan Raih Gelar Doktor Komunikasi

MI/anggoro
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo saat memaparkandisertasinya di aula sanusi harjadinata unpad Bandung rabu (11/3).

 

MENTERI Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo meraih gelar doktor bidang Ilmu Komunikasi dari Universitas Padjadjaran (Unpad). Kader Partai Gerindra itu berhasil mempertahankan disertasinya berjudul Komunikasi Persuasif Calon Legislatif dalam Kampanye Politik.

Pada sidang yang dipimpin Ketua Tim Promotor Dadang Rahmat Hidayat di Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur, Bandung, kemarin, Edhy berhasil meyakinkan para penguji atas disertasi dari studi kasus pada Pemilihan Calon Legislatif 2014-2019 Daerah Pemilihan I Sumatra Selatan itu, sehingga meraih yudisium cum laude.

Diraihnya gelar doktor melengkapi pencapaian akademisinya setelah meraih gelar master di bidang bisnis dari Swiss Germany University pada 2004.

Menteri kelahiran 1972 itu menjelaskan komunikasi persuasif yang dilakukan legislator selama kampanye dikelompokkan menjadi tiga kategori, yakni strategi persuasif psikodinamika, sosiokultural, dan construction of meaning.

Menurutnya, jika dilakukan dengan baik, cara itu mampu memberi kontribusi yang besar terhadap tingkat keterpilihan calon anggota legislatif (caleg). "Komunikasi persuasif yang intens dengan konstituen dapat menjadi modal sosial caleg dalam kontestasi politik," katanya. Ia meyakini cara itu mampu membujuk dan memengaruhi konstituen untuk mengikuti permintaan caleg terutama dalam pilihan.

"Bagaimana kita bisa membujuk, memengaruhi, sehingga orang tanpa sadar, tanpa disuruh, mau ikut dengan kita. Komunikasi ini sangat sederhana apabila kita lakukan dengan benar," bebernya. Bahkan, lanjutnya, komunikasi persuasif mampu menekan biaya politik caleg sampai pada ketegori rendah hingga sedang sebab biaya menjadi faktor penting dalam masa kampanye. (BY/N-1)

Baca Juga

MI/John Lewar

Bupati Manggarai Barat Serukan Gunakan Masker, Warga: Stok Kosong

👤John Lewar 🕔Selasa 07 April 2020, 21:08 WIB
"Sudah diimbau ke seluruh masyarakat. Karena virus ini bisa menyerang melalui pernafasan,"...
MI/Reza Sunarya

Pemkab Subang Temukan Kasus Pertama Positif Covid-19

👤Reza Sunarya 🕔Selasa 07 April 2020, 21:05 WIB
PEMERINTAH Kabupaten Subang, Jawa Barat mengkonfirmasi  1 pasien positif korona pertama di sana. Pasien merupakan warga  Subang...
ANTARA/ANDREAS FITRI ATMOKO

Kemenag Yogyakarta Siapkan Panduan Ibadah dari Rumah saat Ramadan

👤Antara 🕔Selasa 07 April 2020, 20:57 WIB
Sejalan dengan imbauan dari berbagai organisasi Islam besar yang ada di Indonesia seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama yang mengimbau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya