Kamis 12 Maret 2020, 08:35 WIB

Eks Seskemenpora Kerap Dipalak

Faldi Putra Irianto rifaldi | Politik dan Hukum
Eks Seskemenpora Kerap Dipalak

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Mantan Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) periode 2014-2016 Alfitra Salam

 

EKS Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Alfitra Salamm tak tahan kerap dipalak asisten pribadi mantan Menpora Imam Nahrawi, Miftahul Ulum. Aliftra selalu dimintai uang ratusan juta rupiah.

"Saya juga sudah merasa di kantor ini tidak kondusif, tidak nyaman. Maka, bulan Juni (2016) saya sudah mengundurkan diri," kata Alfitra saat bersaksi buat terdakwa Imam Nahrawi di Pengadilan Tipikor Jakarta, kemarin.

Miftahul meminta Rp500 juta-Rp700 juta untuk kegiatan keagamaan dan Rp5 miliar untuk kepentingan Imam. Ia sempat menyampaikan keluhan itu kepada eks Sekjen Ending Fuad Hamidy.

"Kata Pak Hamidy, 'Ya sudah daripada kamu sakit jantung, kamu mengundurkan diri saja'. Akhirnya saya mengundurkan diri," ujar Alfitra.

Sekretaris Kemenpora Gatot Dewa Broto juga sempat menyinggung mundurnya Alfitra saat diperiksa sebagai saksi pada 4 Maret.

Gatot dalam berita acara pemeriksaan (BAP) menyebut Imam melayangkan surat pencopotan Alfitra kepada Presiden Joko Widodo. Imam kesal lantaran Alfitra tak memenuhi permintaan uang. Alfitra mengajukan surat pengunduran diri sebelum surat persetujuan pemberhentian keluar.

"Terdakwa (Imam) sampaikan terima kasih dan terima pengunduran diri saudara. Kira-kira intinya gitu. Setelah itu tidak ketemu (Imam) lagi," ujar Alfitra.

Dalam kasus ini Imam Nahrawi didakwa menerima suap Rp11,5 miliar dan gratifikasi Rp8,64 miliar dari sejumlah pejabat Kemenpora dan KONI. Suap diberikan agar proses persetujuan dan pencairan dana hibah yang diajukan KONI Pusat kepada Kemenpora pada 2018 cepat diproses.

Hibah itu dimanfaatkan untuk beberapa kegiatan, di antaranya pengawasan dan pendampingan program peningkatan prestasi pada multievent Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018.

Mantan Staf Khusus Menpora, Faisal Reza, juga pernah disebut menagih uang ke Alfitra. Uang diduga untuk kepentingan kegiatan organisasi keagamaan.

"Dia (Faisal) bilang ini satu-satunya kementerian yang belum setor. 'Kamu harus setor'," tiru Alfitra.

Jaksa mengonfirmasi maksud pernyataan kementerian yang belum setor. Menurut Alfitra, Kemenpora merupakan salah satu kementerian 'di bawah organisasi keagamaan'. Namun, dia tak menyebut nama organisasi tersebut.

 

Telepon seluler

Imam Nahrawi membantah menjadi pemilik ponsel yang ditemukan di selnya. Dia meminta ponsel itu diperiksa forensik di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam sidang itu Imam menegaskan tak pernah menggunakan ponsel selama mendekam di Rutan KPK pada Polisi Militer Kodam (Pomdam) Jaya, Guntur, Jakarta Selatan.

"Orang kayak saya ini kan rentan juga dituduh, sudah disidang. Sudahlah kita tunggu hasil forensik KPK," ujar politikus PKB ini.

Nomor Whatsapp yang diduga milik Imam mengunggah foto dalam statusnya, Kamis (5/3). Foto itu juga dibarengi dengan tulisan kenangan umrah bersama ibunya.

KPK masih mendalami dugaan Iman menyelundupkan ponsel ke dalam rutan. Ponsel ditemukan saat petugas melakukan sidak. "Iya tentu secara keseluruhan bagian dari proses itu semua dilakukan peme-riksaan-pemeriksaan terkait ditemukannya ponsel di dalam rutan itu," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri. (P-1)

Baca Juga

Iustrasi

Kegiatan Kampanye Meningkat, Kasus Covid Ikut Naik

👤Anggitondi Martaon 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 05:32 WIB
Bawaslu mencatat kegiatan kampanye terbatas meningkat di sejumlah provinsi yang menggelar pilkada gubernur. Tapi kasus covid-19 di...
Dok.Metro TV

Upah Minimum 2021 Jadi Jalan Tengah

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 04:39 WIB
Gubernur diminta menyesuaikan penetapan nilai upah minimum 2021 sama dengan nilai upah minimum 2020 alias tidak...
Zoom/Medcom.id

Semangat Sumpah Pemuda Elan untuk Bangkit

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 04:11 WIB
Kaum muda perlu mengambil hikmah bahwa pandemi covid-19 telah mengubah tatanan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya