Kamis 12 Maret 2020, 07:11 WIB

Pemerintah Harus Lakukan Regionalisasi Tangani Covid-19

Atalya Puspa | Humaniora
 Pemerintah Harus Lakukan Regionalisasi Tangani Covid-19

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Petugas memindahkan mobil ambulans di samping ruang isolasi RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (5/3/2020).

 

MANTAN Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek menyarankan pemerintah untuk melakukan regionalisasi dalam penanganan virus novel korona (Covid-19) di Indonesia. Hal ini dilakukan mengingat Indonesia memiliki wilayah yang luas, dan penanganan tidak cukup hanya dari pusat, namun harus terintegrasi.

"Dari saya, karena kita terlalu besar kenapa kita enggak regionalisasi. Jadi artinya fokus di wilayah. Jadi jangan hanya berfokus dari pusat semua. Jadi masing-masijg kepala daerah juga waspada menahan, melakukan penahanan, jangan sampai terjadi penularan-penularan," kata Nila di Kampus Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (12/3).

Nila menuturkan, tongkat komando harus tetap dipegang oleh pusat, namun pemerintah daerah harus lebih gencar dalam mengeksekusi pencegahan serta penanganan Covid-19 agar penyebarannya tidak meluas.

"Masing-masing daerahnya jalan, tapi ikuti apa yang kita dapatkan dari pusat," ucapnya.

Mengenai apa yang telah dilakukan pemerintah selama ini, Nila mengapresiasi langkah-langkah yang telah diambil. Mulai dari pencegahan di pintu masuk, edukasi, hingga penanganan pasien. Selain itu, pemerintah Indonesia juga dinilainya sudah transparan dalam menyajikan informasi kepada publik.

baca juga: Cegah Korona, Nina Moeloek Anjurkan Masyarakat Jangan Cium Tangan

"Semua sudah transparan. Kemarin yang jadi keanehan dibilang enggak ada kasus. Kalau saya dianggap enggak ada, ada second opinion buat saya. Oke orang WHO boleh datang, lihat saya kerja betul atau enggak? Kalau saya akan begitu," tutur Nila.

"Untuk meningkatkan kepercayaan publik ya, memang kita harus berpikir kritis tapi juga santun dan sebagainya," tandasnya. (OL-3)

 

Baca Juga

DOK PUPUK KUJANG

Berkebun Hasilkan Produk Pangan dengan Tanamanku dari Pupuk Kujang

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 07:00 WIB
Harapannya dengan adanya TanamanKu, masyarakat dapat berkebun di rumah dengan...
Antara

Jumlah Profesor Baru Capai 2,16% dari Total Dosen di Indonesia

👤Agus Utantoro 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 06:15 WIB
JUMLAH Guru Besar atau Profesor di Indonesia saat ini baru mencapai 5.664 orang atau sekitar 2,16 persen dari total dosen di Indonesia yang...
ANTARA/Rivan Awal Lingga

Hasil Testing Covid-19 Menunjukkan 86% Terkonfirmasi Negatif

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 06:10 WIB
Meski demikian, masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan yaitu angka positivity rate sebesar 14%. Persentase itu menyatakan ada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya