Kamis 12 Maret 2020, 06:46 WIB

Atletico Sukses Singkirkan Juara Bertahan Liverpool

Patrick Pinaria | Sepak Bola
Atletico Sukses Singkirkan Juara Bertahan Liverpool

AFP/JAVIER SORIANO
Laga Liga Champions antara Liverpool dan Atletico Madrid

 

LANGKAH Liverpool di Liga Champions berakhir. The Reds tersingkir secara dramatis setelah ditaklukkan Atletico Madrid dengan skor 2-3 pada laga leg kedua babak 16-besar Liga Champions 2019-2020, Kamis (12/3) dini hari WIB.

Kubu Liverpool rasanya akan terheran-heran dengan hasil tersebut. Pasalnya, The Reds tampil sangat percaya diri. Menilik statistik Whoscored, Liverpool bermain dengan penguasaan bola sebanyak 71% berbanding 29% dari milik Atletico.

Liverpool bahkan tampil sangat tajam di depan gawang Atletico. Tercatat, mereka melepaskan 11 tembakan mengarah ke gawang dari 34 peluang tercipta. Sedangkan Atletico hanya menciptakan lima tembakan mengarah ke gawang dari sembilan peluang.

Meski demikian, Liverpool kesulitan menembus pertahanan Atletico. Buktinya, mereka butuh 43 menit untuk membobol gawang El Atleti sekaligus membuka keunggulan.

Baca juga: Singkirkan Dortmund, PSG ke Perempat Final Liga Champions

Gol mereka diciptakan Georginio Wijnaldum. Ia sukses melepaskan sundulan usai mendapat umpan dari Alex Oxlade-Chamberlain.

Hingga turun minum, kedua tim tidak ada yang mencetak gol tambahan. Skor 1-0 untuk keunggulan Liverpool bertahan.

Situasi pertandingan tidak berubah ketika memasuki babak kedua. Liverpool masih mendominasi pertandingan dan terus menggempur pertahanan Atletico.

Liverpool langsung mendapat peluang berbahaya melalui Mohamed Salah dan Chamberlain di awal babak kedua. Tetapi, upaya keduanya masih gagal berbuah maksimal.

Peluang emas kembali didapat Liverpool pada menit ke-65. Saat itu, bek The Reds Andrew Robertson melepaskan sundulan yang sudah terlepas dari kawalan kiper Atletico Jan Oblak. Tetapi, bola masih mengenai mistar gawang.

Liverpool makin gencar meneror pertahanan Atletico jelang babak kedua berakhir demi memastikan lolos. Beberapa peluang diciptakan mereka lewat Mane, tetapi belum membuahkan hasil.

Hingga babak kedua berakhir, tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Liverpool.

Tetapi, hasil tersebut tidak cukup mengantarkan The Reds lolos. Mereka masih harus melanjutkan pertandingan ke babak perpanjangan waktu karena agregat kedua tim masih imbang 1-1.

Liverpool masih menunjukkan agresivitas di babak pertama perpanjangan waktu. Alhasil, mereka sukses menambah keunggulan lewat Roberto Firmino pada menit ke-94. Penyerang asal Brasil tersebut sukses menyelesaikan umpan silang Sadio Mane.

Apes bagi Liverpool. Saat sudah unggul dua gol, mereka malah kecolongan selang tiga menit. Gawang mereka saat itu dibobol gelandang Atletico Marcos Llorente.

Berawal dari kesalahan kiper Liverpool Adrian yang berhasil dimanfaatkan oleh Joao Felix. Pemain asal Portugal itu kemudian melepaskan umpan kepada Llorente. Tanpa ragu, mantan pemain Real Madrid itu sukses melepaskan tembakan ke pojok gawang Liverpool.

Llorente kembali menjadi mimpi buruk buat Liverpool. Tepat pada menit ke-105+1, ia sukses membobol gawang Liverpool setelah mendapat umpan dari Alvaro Morata.

Kebobolan dua gol membuat Liverpool makin terlecut mencetak gol. Mereka mencoba memainkan strategi total menyerang di babak kedua.

Namun, strategi tersebut justru membuat pertahanan Liverpool makin rapuh. Situasi itu pun dimanfaatkan Atletico. Alhasil, Los Rojiblancos berbalik unggul lewat gol Morata jelang babak kedua perpanjangan waktu berakhir.

Hingga laga usai, tidak ada gol tambahan lagi tercipta. Atletico memastikan kemenangan atas Liverpool dengan skor 3-2. Hasil ini pun membawa Atletico menang atas The Reds dengan agregat 4-2 dan lolos ke babak perempat final. (OL-1)

Baca Juga

AFP/GABRIEL BOUYS

Kroos tidak Setuju Gaji Pemain Dipotong karena Covid-19

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 08 April 2020, 12:54 WIB
Pemain timnas Jerman itu mengatakan ketimbang memotong gaji pemain, lebih baik pemain diberi gaji penuh sehingga mereka bisa mendonasikan...
AFP/Oli SCARFF

Henderson Dinilai belum Layak Gantikan De Gea

👤Kautsar Halim 🕔Rabu 08 April 2020, 11:14 WIB
Terhitung dalam 27 kali penampilan di Liga Primer Inggris musim ini, Henderson membawa Sheffield baru kebobolan 22 gol dan sukses dibuatnya...
AFP/Christof STACHE

Flick Siapkan Diri Bermain di Stadion Kosong

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 April 2020, 11:05 WIB
Mayoritas dari 18 klub Bundesliga telah kembali berlatih untuk pertama kali pada Senin (6/4) setelah kompetisi dibekukan sejak pertengahan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya