Kamis 12 Maret 2020, 06:42 WIB

Merkel Peringatkan 70% Populasi Jerman Bisa Terinfeksi Covid-19

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Merkel Peringatkan 70% Populasi Jerman Bisa Terinfeksi Covid-19

AFP
Kanselir Jerman Angela Merkel (kanan) bersama Menteri Kesehatan Jens Spahn saat konferensi pers soal Covid-19, Rabu (11/3/2020).

 

KANSELIR Jerman, Angela Merkel telah memperingatkan hingga 70% dari populasi negara itu atau sekitar 58 juta orang dapat tertular virus korona (Covid-19). Merkel membuat prediksi tersebut pada konferensi pers pada Rabu (11/3) bersama Menteri Kesehatan Jens Spahn. Dia mengatakan belum ada obat untuk Covid-19, maka yang dilakukan saat ini hanyalah memperlambat penyebaran virus.

"Ini tentang memenangkan waktu," ujarnya.

Pernyataannya itu disampaikan ketika Italia memasuki hari kedua penutupan wilayah secara nasional. Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengumumkan penutupan sekolah, gimnasium, museum, klub malam, dan tempat-tempat lain di seluruh negeri. Negara ini mencatat pada Rabu jumlah kasus Covid-19 melewati 10.000 infeksi yang dikonfirmasi.

Para pemimpin dari Uni Eropa berjanji untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk mengatasi wabah Covid-19, saat Italia melaporkan jumlah kematian satu hari terbesar sejak penyakit itu pertama kali terdeteksi di sana bulan lalu.

Ke-27 pemimpin Uni Eropa bertemu dalam konferensi video setelah menghadapi kritik mereka terlalu lambat untuk menangani wabah, yang pertama kali muncul di Tiongkok pada akhir tahun lalu. Di tempat lain, virus terus menyebar di Amerika Serikat dan muncul di negara-negara baru termasuk Bolivia dan Turki, sementara Indonesia mencatat korban meninggal pertama.

baca juga: Kampus di AS Kini Pilih Belajar Secara Virtual

Secara global, lebih dari 4.200 orang telah meninggal karena Covid-19 dan lebih dari 118.000 kasus telah dikonfirmasi. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Lebih dari 66.000 orang telah pulih dari penyakit di seluruh dunia, menurut Universitas John Hopkins. (BBC/Al Jazeera/OL-3)

 

Baca Juga

AFP/Brendan Smialowski and JIM WATSON

Biden Sebut Trump Sudah Menyerah Lawan Covid-19

👤Faustinus Nua 🕔Senin 26 Oktober 2020, 07:56 WIB
Pernyataan itu datang setelah kepala staf Trump mengatakan pemerintah 'Negeri Paman Sam' tidak akan bisa mengendalikan...
AFP/Angela Weiss

Jajak Pendapat: Dunia Arab Pilih Biden Ketimbang Trump

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 26 Oktober 2020, 06:44 WIB
Dari 3.097 responden dari 18 negara Timut Tengah dan Afrika Utara, sekitar 39% memilih Biden sementara hanya 12% yang mendukung...
Nazri RAPAAI / Malaysia

Muhyiddin Memaklumi Penolakan Usulan Darurat Nasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 Oktober 2020, 06:31 WIB
Yang Di-Pertuan Agong.Malaysia menyatakan bahwa tidak perlu ada darurat nasional di Malaysia. Pemerintah dan kabinet diminta fokus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya