Kamis 12 Maret 2020, 06:19 WIB

Cegah Korona, Nina Moeloek Anjurkan Masyarakat Jangan Cium Tangan

Atalya Puspa | Humaniora
Cegah Korona, Nina Moeloek Anjurkan Masyarakat Jangan Cium Tangan

AFP
Foto Ilustrasi

 

MANTAN Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mengkritik kebiasaan cium tangan yang dilakukan masyarakat Indonesia saat berjumpa satu sama lain, khususnya antara guru dan murid. Saat ini, menurut Nila, kebiasaan tersebut harus dihilangkan terlebih dahulu untuk menghindari penyebaran Covid-19.

"Tadi saya kritik, untuk saat ini seharusnya diajarkan tidak ada salaman, apalagi kan kita kebiasaannya cium tangan. Itu barangkali jangan bersentuhan dulu untuk saat ini," Nila di Kampus Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (12/3).

Belajar dari kasus wabah sebelumnya, seperti SARS dan MERS, Nila mengakui penyebaran Covid-19 lebih cepat meskipun mortalitasnya rendah. Untuk itu dia mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati, dan menghindari kontak langsung dengan banyak orang.

"Persoalannya ini penyebarannya terlalu cepat. Ini masa inkubasi pun bisa menularkan. Keberhati-hatian itu yang barangkali kita harus perhatikan. Kurangi kerumunan, jaga diri sendiri saja lebih baik. Kalau ada tamu dari negara lain, ya gak terima, WA ajalah, email aja kan bisa," ucapnya.

baca juga: Membidik Berkah di Tengah Musibah

Dirinya menyatakan, imbauan tersebut harus dilakukan oleh seluruh stakeholder di lintas sektor, mulai dari kementerian terkait, lembaga, hingga akademisi.

"Kesehatan enggak mungkin berdiri sendiri. Harus lintas sektor, lintas kementerian," tandasnya. (OL-3)

 

Baca Juga

Dok. UBL

Wisuda UBL Dihadiri mantan Wapres dan Duta Besar Secara Virtual

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:51 WIB
Wisuda ini dilaksanakan secara bertahap selama tiga hari pada 19-21 Oktober 2020 di Gedung Grha Mahardika Bujana (Auditorium) kampus.UBL...
ANTARA

IPB University akan Anugerahi Doni Monardo Doktor Honoris Causa

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:50 WIB
Penganugerahan gelar Doktor Kehormatan tersebut diputuskan dalam Rapat Pleno Senat Akademik (SA) IPB University pada Selasa...
DOk. UT

UT Gelar RTM Perkuat Sistem Pembelajaran Berbasis IT

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:48 WIB
Pada t2019 RTM difokuskan dalam bidang Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (MPJJ), maka tahun ini RTM berfokus pada bidang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya