Rabu 11 Maret 2020, 21:05 WIB

Jaga Keamanan Angkutan Lebaran Kemenhub Uji Petik Kapal Penumpang

Hilda Julaika | Ekonomi
Jaga Keamanan Angkutan Lebaran Kemenhub Uji Petik Kapal Penumpang

MI/Lina Herlina
Kapal feri buatan lokal milik pengusaha lokal Baso Buniyamin, yaitu KMP New Rose, di Galangan Kapal PT Afta Trans Mandiri.

 


Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut tengah melakukan uji petik kelaiklautan bagi semua kapal penumpang.

Hal itu dilakukan dalam rangka mempersiapkan keselamatan transportasi laut yang akan digunakan saat Lebaran  nanti.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R Agus H Purnomo menginstruksikan kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di daerah  untuk melaksanakan uji kelaiklautan kapal penumpang di wilayah kerja masing-masing.

“Instruksi untuk melaksanakan uji petik kapal ini berlaku bagi seluruh jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terutama para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang wilayah kerjanya menangani kapal penumpang. Adapun pelaksanaan uji kelaiklautan kapal penumpang ini dimulai tanggal 9 Maret 2020 sampai dengan 18 April 2020 sesuai wilayah kerja masing-masing," kata Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Capt. Sudiono melalui keterangan resminya kepada Media Indonesia, Rabu (13/3).

Menurut Capt. Sudiono pemeriksaan kelaiklautan kapal penumpang sebenarnya merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut setiap waktu secara periodik. Sehingga uji petik ini tidak hanya dilakukan saat menjelang Lebaran atau Hari Raya saja.

Namun demikian, Capt. Sudiono mengingatkan setiap menjelang lebaran mobilisasi masyarakat yang menggunakan jasa transportasi sangat tinggi. Hal ini tentunya perlu didukung dengan semakin memperketat pemeriksaan sehingga keselamatan pelayaran pada masa Angkutan Laut Lebaran lebih terjamin.

Selain itu, para Kepala Kantor UPT juga wajib melakukan monitoring secara berkelanjutan terhadap kapal-kapal penumpang sampai dengan batas akhir posko angkutan lebaran 2020.

“Bagi para Kepala UPT harus melaksanakan Instruksi ini agar penyelenggaraan angkutan laut Lebaran tahun 2020 dapat berjalan aman, selamat, tertib dan nyaman," tutupnya.

Untuk diketahui, instruksi ini didasarkan pada Surat Instruksi Dirjen Perhubungan Laut Nomor KP. 219/DJPL/2020 tentang Pemeriksaan Kelaiklautan Kapal Penumpang dalam Rangka Angkutan Lebaran Tahun 2020. (E-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Maulana Surya

Airnav: Main Layangan di Area Bandara Bakal Kena denda Rp1 M

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 26 Oktober 2020, 16:37 WIB
Layang-layang yang diterbangkan di sekitar area bandara dapat membahayakan pesawat udara yang lepas landas dan mendarat di bandara...
Antara

Hindari Perjalanan ke Puncak Saat Libur Panjang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 26 Oktober 2020, 16:23 WIB
Pengendara jalan diimbau untuk menghindari perjalanan ke Puncak, Bogor, Jawa Barat saat libur...
MI/Susanto

Pemerintah Fokus Ketersediaan Lapangan Kerja Dampak dari Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 26 Oktober 2020, 15:06 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah saat ini fokus untuk memastikan ketersediaan lapangan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya