Rabu 11 Maret 2020, 21:10 WIB

Musisi harus Menggali Musik Nusantara

Abdilah Marzuki | Weekend
Musisi harus Menggali Musik Nusantara

Antara/Muhammad Adimaja
Ubiet saat tampil bersama Tohpati

ETNOMUKOLOG Nyak Ina Raseuki menekankan musisi Indonesia seharusnya berupaya untuk saling tahu dengan musik di daerah lain dalam lingkup Nusantara karena kehibridan musik Indonesia.

"Kita harus saling tahu satu sama lain, lewat bunyi dalam hal ini," terangnya usai diskusi bertajuk Menyusun Tonggak Sejarah Musik Indonesia, di M Bloc Space, Jakarta (10/3).

Menurutnya, khazanah musik Indonesia kontemporer sangat kental dengan keberagaman. Ia menggambarkan kehibridan musik di Indonesia selayaknya budaya yang tersusun dari keragaman. Ragam musik dari berbagai wilayah dunia memperkaya musik Indonesia sejak dulu. Musik dari Persia, India, Cina, dan Eropa berbaur dengan musik etnik.

"Hibrid itu bahwa Indonesia beragam. Indonesia yang kontemporer itu terdiri dari atau terjadi karena percampuran segala macam," ujar perempuan yang akrab disapa Ubiet.

Menurutnya, kehibridan itu layak untuk dirayakan dengan cara saling mengenal antara musisi dengan latar belakang masing-masing. Hal itu patut dilakukan untuk membuka kemungkinan penciptaan bebunyian yang baru.

"Jadi yang kira yang paling penting, terutama buat pemusik, jangan terlalu fokus pada kotak-kotak musiknya sendiri, tapi mereka harus bergaul. Kotak populer bergaul dengan kotak yang lain. Jadi bagaimana kita bisa sama-sama membangun sesuatu yang mungkin menghasilkan bunyi yang baru," tandasnya.(M-4)

Baca Juga

Istimewa

Tingkatkan Kekebalan Tubuh selama Wabah Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Maret 2020, 20:13 WIB
Dokter spesialis gizi klinik dr Diana F Suganda SpGK menjelaskan, ketika virus menemukan inangnya dibutuhkan imunitas...
Unsplash/ Mick Haupt

Kiat Belanja Aman di Tengah Pandemi

👤Melalusa Susthira K 🕔Senin 30 Maret 2020, 17:00 WIB
Jika terpaksa harus belanja keluar, berikut cara-cara agar anda terhindar dari risiko terinfeksi...
 ANTARA/Fikri Yusuf

Kemendikbud Ajak Masyarakat Berkesenian Secara Daring

👤Atikah Iswahyuni 🕔Senin 30 Maret 2020, 16:38 WIB
Sampai saat ini sudah ada puluhan pegiat budaya dan seni yang sudah bergabung untuk melakukan pertunjukan daring seperti band dari ISI...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya