Rabu 11 Maret 2020, 18:47 WIB

Bea Cukai Amankan Enam Truk Berisi Pakaian Bekas dan Ban

Tri Subarkah | Megapolitan
Bea Cukai Amankan Enam Truk Berisi Pakaian Bekas dan Ban

Antara/Hafidz Mubarak A
Bea Cukai mengamankan truk yang mengangkut pakaian bekas

 

DIREKTORAT Jendral Bea Cukai Kementerian keuangan menyita enam truk kontainer yang membawa ratusan bal pakaian bekas, ban, dan karpet.

Barang-barang tersebut diduga diselundupkan melalui pelabuhan tikus menuju Medan, Sumatera Utara dengan tujuan akhir di Bandung, Jawa Barat.

Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi mengatakan, pihaknya mengamankan truk kontainer beserta isinya tersebut pada Jumat (6/3) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 45.

"Isinya adalah pertama 874 bal, bal itu pakaian yang dipres," ungkap Heru di Gedung Bea Cukai Jakarta, Rabu (11/3).

Satu bal, lanjut Heru, berisi 500 sampai 1.000 potong pakaian. Oleh sebab itu, ia mengasumsikan bahwa total pakaian yang diselundupkan dapat mencapai 400 ribu potong.

Menurutnya, penyelundupan tersebut dapat mengganggu ekonomi nasional, terutama industri garmen.

Baca juga : Polri dan Bea Cukai Cegah Ekspor Masker

"Kita tahu bahwa trade war dan coronavirus telah menyebabkan kesulitan bahan baku dan kesulitan produksi. Jangan sampai kesulitan-kesulitan itu ditimpa lagi dengan masuknya balpres pakaian-pakaian yang justru di negara sana sudah tidak layak jual," kata Heru.

Heru juga menyebut bahwa ratusan ribu pakaian tersebut berasal dari negara empat musim. Penyelundupan itu menggunakan modus baru, yakni dengan menyematkan logo harga Dollar yang memberikan impresi bahwa pakaian tersebut baru keluar dari pabrik.

Selain pakaian, dalam kontainer tersebut juga terdapat 118 set ban bermerek Aeoulus AN dan 57 gulungan karpet. Adapun kerugian negara berdasarkan hasil perhitungan sementara ditaksir mencapai Rp2,9 miliar.

"Rinciannya untuk pakaian bekas bernilai Rp2,6 miliar. Lalu ban Rp236 juta, dan karpet senilai Rp 68,4 juta," papar Heru. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

PSBB Diterapkan, Kendaraan Menuju Jakarta Justru Naik

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 07 April 2020, 20:47 WIB
Status PSBB tak membuat kepadatan kendaraan di gerbang tol utama Jakarta menurun. Sebaliknya, jumlah kendaraan menjngkat di empst gerbang...
istimewa

Kota Bogor Segera Ajukan PSBB ke Kemenkes

👤Dede Susianti 🕔Selasa 07 April 2020, 20:30 WIB
PSBB tidak bisa dilakukan oleh DKI Jakarta saja, atau Bogor saja. Jika PSBB dilakukan secara bersama-sama, se-Jabodetabek hasilnya jauh...
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Bermodal Alokasi Anggaran Rp334 M, Kota Bogor Ajukan PSBB

👤Dede Susianti 🕔Selasa 07 April 2020, 20:25 WIB
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menyebutkan secara keseluruhan atau total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 334...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya