Rabu 11 Maret 2020, 17:00 WIB

Masih Ada Oknum Salahgunakan Pupuk Bersubsidi

M Taufan SP Bustan | Nusantara
 Masih Ada Oknum Salahgunakan Pupuk Bersubsidi

Antara
Polisii ungkap pupuk yang dioplos dan tidak bersertifikat SNI di Sidoarjo

 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) masih menemukan adanya oknum yang menyalahgunakan pupuk bersubsidi di sejumlah wilayah. Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulteng, Tri Iriani Lamakampali mengatakan banyak laporan diterima pihaknya ketika turun ke lapangan. Dan laporan yang paling mendominasi adalah tentang adanya oknum yang menyalahgunakan pupuk bersubsidi.

"Ada yang bermain dengan menjual pupuk bersubsidi secara mahal. Dan ada yang seharusnya tidak dapat pupuk bersubsidi, tapi dapat. Itu semua laporan-laporan yang kami dapat di lapangan," terang Tri kepada Media Indonesia di Palu, Rabu (11/3).

Menurutnya, akibat adanya permainan oknum tersebut banyak petani yang mengeluh. "Jelas mereka mengeluh. Makanya kita berharap semua oknum itu bisa ditindak. Tentu kami akan berkoordinasi dengan pihak terkait," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) Sulteng, Moh Hidayat Lamakarate tidak membantah masih ada oknum yang bermain di pupuk bersubsidi. Oleh karena itu, ia akan membentuk tim khusus untuk mengawasi penyaluran pupuk bersubsidi secara ketat.

"Kami akan awasi secara ketat, sehingga tidak ada lagi oknum-oknum yang bermain. Kan kalau dibiarkan petani yang menderita," ungkapnya.

Hidayat menyebutkan akibat permainan oknum tersebut banyak petani yang menjerit di lapangan. Alhasil, petani sulit untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

"Parahnya ada petani yang harus membeli pupuk non subsidi. Nah, semua itu kan merugikan petani kita," jelasnya.

Hidayat berharap dengan adanya tim yang akan dibentuk untuk mengawasi penyaluran pupuk bersubsidi, oknum-oknum tersebut bisa ketahuan sehingga diproses ke pihak yang berwajib. "Semoga semua terbongkar, sehingga petani kita bisa kembali semangat untuk meningkatkan produktivitas pertanian," tandasnya.

 

Baca Juga

MI/Bagus Suryo

Formasi Malang Belum Rencana PHK Buruh Rokok

👤Bagus Suryo 🕔Minggu 05 April 2020, 11:30 WIB
FORUM Masyarakat Industri Rokok Seluruh Indonesia (Formasi) di Kota Malang, Jawa Timur berusaha tidak ada PHK terkait dampak wabah virus...
MI/Djoko Sarjono

Boleh Gunakan Dana Desa untuk Covid-19 tapi Jangan 100%

👤Tosiani 🕔Minggu 05 April 2020, 10:55 WIB
Dana desa tahun ini boleh digunakan untuk penanganan Covid-19, tetapi desa-desa di wilayah Temanggung, Jawa Tengah tidak dibolehkan...
Istimewa

Warga Surabaya Apresiasi Bantuan Sembako Cak Machfud saat PSBB

👤Faishal Taselan 🕔Minggu 05 April 2020, 10:15 WIB
WARGA Surabaya begitu mengapresiasi kepedulian Tokoh Masyarakat Surabaya Machfud Arifin, di tengah himbauan pembatasan sosial berskala...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya