Rabu 11 Maret 2020, 13:40 WIB

Pencegahan Korona Harus Menjadi Gerakan Bersama

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pencegahan Korona Harus Menjadi Gerakan Bersama

MI/Insi Nantika Jelita
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

 


 

Upaya-upaya untuk mencegah penularan virus korona disebut tidak hanya bisa mengandalkan pemerintah. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan upaya pencegahan tersebut harus dilakukan oleh semua pihak termasuk masyarakat.

"Pencegahan penularan bukan hanya oleh Pemprov DKI. Teman-teman bisa melihat upaya yang dilakukan. Kita siapkan sebagai sikap tanggung jawab melindungi tumpah darah Indonesia," ungkap Anies dalam konferensi pers di Balai Kota DKI, Rabu (11/3).

Gerakan pencegahan pun harus menjadi suatu gerakan bersama yang dilakukan oleh masyarakat. Ia pun berharap langkah-langkah ini juga dilakukan oleh swasta.

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta Luncurkan Situs Resmi Info Virus Korona

"Tapi nggak cukup hanya oleh Pemprov DKI. Harus jadi gerakan semata. Harus dilakukan seluruh komponen masyarakat. Langkah-langkah yang kami lakukan juga dilakukan private sector perusahaan-perusahaan di Jakarta. Ini harus menjadi gerakan bersama," tukasnya.

Sementara itu, Anies juga mengimbau agar jajaran Pemprov DKI mengurangi kegiatan dan bepergian ke tempat lain.

Selain itu, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga meminta agar kepada jajaran Pemprov DKI mengubah cara berinteraksi dan menghindari sentuhan seperti berjabat tangan.

"Seluruh jajaran Pemprov juga tadi diinstruksikan untuk mengurangi kegiatan jabat tangan dan kontak fisik langsung, tapi tidak mengurangi rasa hormat satu sama lain. Tapi tujuannya adalah mari kita biasakan di hari-hari ini untuk membatasi kontak langsung karena kontak langsung ini punya potensi penularan yang cukup besar. Harapannya nanti ini bisa dilakukan semua," ungkapnya.

Baca Juga

Antara/Risky Andrianto

Dilaporkan Mantan Istri, Vicky Prasetyo Ditahan di Rutan Salemba

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 07 Juli 2020, 21:34 WIB
"Kasus laporan Angle Lelga katanya Vicky melakukan perbuatan tidak menyenangkan dan fitnah," kata kuasa hukum Vicky, Ramdan...
MI/ANDRI WIDIYANTO

65% Pasien Positif Covid-19 di Jakarta Sembuh, 5% Meninggal Dunia

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 07 Juli 2020, 21:15 WIB
Sampai dengan hari ini kami laporkan, 405 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit dan 3.379 orang melakukan self isolation di...
AFP/Brent Stirton

Ada Konser Drive-In, Ini Protokol Medis yang Disiapkan Promotor

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 07 Juli 2020, 21:13 WIB
Berlian Entertainment bekerja sama dengan pihak ketiga yakni Safety World untuk menangani teknis penerapan protokol...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya