Rabu 11 Maret 2020, 11:59 WIB

YLKI Minta Pemerintah Sediakan Thermal Scanner di Setiap Bandara

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
YLKI Minta Pemerintah Sediakan Thermal Scanner di Setiap Bandara

ANTARA FOTO/Hero/AS/wsj
Petugas mengamati penumpang pesawatÊyang baru tiba melalui thermal scanner di terminal kedatangan Bandara Internasional Lombok, NTB.

 

YAYASAN Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta pemerintah untuk aktif menangani dan mencegah penyebaran virus korona (Covid-19). Salah satu pencegahan dilakukan dengan alat thermal scanner yang harus disediakan di setiap bandar udara.

"Salah satu media yang efektif untuk persebaran atau penularan adalah transportasi udara. Mengingat transportasi udara sangat erat kaitannya dengan mobilitas internasional, penumpang lintas negara," kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi melalui keterangan resminya, Rabu (11/3).

YLKI meminta pemerintah, khususnya Kemenkes RI, Kemenhub RI, dan PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II, untuk menyediakan thermal scanner di setiap terminal keberangkatan, baik domestik atau internasional, di semua bandara di Indonesia

"Hal ini penting untuk melindungi konsumen atau penumpang lainnya dari kekhawatiran terpapar Covid-19. Bahkan hal ini akan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi semua penumpang, termasuk kru pesawat," ujar Tulus.

Saat ini, pemerintah baru memasang thermal scanner pada area kedatangan internasional, sehingga menurut Tulus hal tersebut belum dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat yang berpergian dalam negeri.

"Bandingkan dengan Singapura, Hongkong dan kota-kota di Tiongkok yang sudah menyediakan thermal scanner di semua terminal keberangkatan domestik internasional, sejak virus korona merebak," jelasnya.

Hal itu dilakukan untuk melindungi penumpang dari potensi terpapar virus korona, dan juga untuk mendorong masyarakat tetap bepergian atau bermobilitas, dengan tenang, aman dan nyaman. (Iam/OL-09)

Baca Juga

MI/Susanto

Kemenhub Berupaya Sektor Transportasi tidak jadi Klaster Baru

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 20:00 WIB
Menhub melihat kecenderungan masyarakat untuk melakukan perjalanan menggunakan semua jenis transportasi akan meningkat pada libur panjang...
DOK MI

Bioskop Dibuka Kembali, Ini Rekomendasi PDIB

👤Widhoroso 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 19:45 WIB
Apabila ditemukan terjadi pelanggaran terhadap aturan protokol kesehatan yang berlaku maka harus diberikan sanksi secara tegas kepada pihak...
Ist

Dasar Kepemimpinan Harus Ditanamkan pada Siswa Sejak Dini

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 19:21 WIB
Melalui latihan dasar kepemimpinan, para siswa bisa memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab dalam tugasnya sebagai siswa maupun tugas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya