Rabu 11 Maret 2020, 11:31 WIB

Babel Usulkan Tiga Titik Lokasi Pembangun Jembatan Batera

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Babel Usulkan Tiga Titik Lokasi Pembangun Jembatan Batera

MI/Dwi Apriani
Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan dan Gubernur Sumsel Herman Deru sepakat pembangunan jembatan Batera sepanjang 15 km.

 

PEMERINTAH Provinsi Bangka Belitung (Babel) telah mengusulkan pembangunan jembatan Bangka-Sumatera (Batera) di tiga lokasi yakni Bangka Barat, Bangka Selatan dan Bangka Tengah. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Babel, Noviar Ishak mempersilahkan untuk segera dilakukan kajian Feasibility Study (FS) untuk menentukan satu dari tiga titik lokasi yang diusulkan tersebut.

"Kita sudah lakukan pra FS. Hasilnya kita usulkan tiga lokasi yaitu di Desa Kundi Kabupaten Bangka Barat, Desa Sebagin Bangka Selatan dan Desa tanjung pura Bangka Tengah," kata Noviar, Rabu (11/3).

"Tahun ini akan dilakukan FS. Nanti silahkan dikaji dari tiga lokasi ini, yang mana lokasi cocok untuk pembangunan jembatan Batera,"ujarnya.

Noviar menyebutkan kedalam air di tiga lokasi yang diusulkan itu bervariasi mulai dari 10 meter-30 meter hingga 50 meter. Selain itu jarak masing-masing titik yang diusulkan itu beda-beda.

"Misalnya belum tentu jarak dekat fesibel, karena airnya dalam dan  perlu pondasi yang mahal. Atau lautnya tidak dalam, tetapi jaraknya jauh dari Palembang. Itu akan dikaji dalam FS sebelum diputuskan dibangun di titik mana," ulasnya.

Gubernur Sumsel dan Gubernur Babel menginginkan pembangunan Jembatan Batera masuk pembangunan prioritas nasional agar full dibiaya APBN.

"Memang ada dua skema pembiayaan. Pertama Full APBN. Kedua dengan kerja sama pemerintah dengan badan usaha, dalam hal ini pihak swasta." terang Noviar.

baca juga: Ratusan Pasien DBD di Manggarai Barat Sembuh

Jika semua berjalan baik, lanjt Noviar, tahun ini bisa dilakukan FS dan pembangunan akan dimulai pada 2022.

"Kalau full APBN pembiayaan akan bertahap, pembangunannya pun bisa 4 tahun," ungkap dia.

Ia menambahkan pembangunan jembatan Batera sepanjang 13,5 km ini diprediksi untuk satu kilometer menghabiskan anggaran Rp1 triliun sehingga totalnya bisa mencapai Rp15 triliun. Dengan ketinggian jembatan dari permukaan air bisa 20 meter.(OL-3)

 

 

Baca Juga

Dok Laboratorium Diagnostik Yayasan Tahija

Lab Yayasan Tahija di UGM Mulai Periksa Sampel covid-19

👤Ardi Teristi 🕔Selasa 07 April 2020, 15:41 WIB
Kemudian, lab ini memiliki 2 unit mesin qPCR (Roche-Lightcycler 480 II) dengan kondisi baik dan selalu dilakukan pemeliharaan...
Antara

Minggu Pertama April, 4.542 Pemudik Masuk Sleman

👤Agus Utantoro 🕔Selasa 07 April 2020, 15:33 WIB
Para pemudik yang masuk, kata dia, diwajibkan segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan...
MI/Belviani Sianturi

Mau Masuk Kota Pematangsiantar Kesehatannya Diperiksa

👤Apul Iskandar Sianturi 🕔Selasa 07 April 2020, 15:30 WIB
SEMUA kendaraan umum mulai hari ini wajib berhenti di pintu masuk Kota Pematangsiantar, pengemudi dan penumpang dicek...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya