Rabu 11 Maret 2020, 08:57 WIB

25 Desa di Sigi Jadi Contoh Gerakan Perlindungan Perempuan

Mitha Meinansi | Nusantara
 25 Desa di Sigi Jadi Contoh Gerakan Perlindungan Perempuan

ANTARA FOTO/Arnas Padda
Ilustrasi

 

SEBANYAK 25 di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah dijadikan contoh bagi pelaksanaan gerakan perlindungan perempuan dan anak dari kekerasan berbasis gender. Desa-desa tersebut menjadi lokasi peringatan Hari Perempuan Sedunia Tahun 2020, bagi Kelompok Perjuangan Kesetaraan Perempuan Sulawesi Tengah (KPKP-ST).

"Peringatan hari perempuan sedunia tahun ini terasa berbeda. Jika biasanya kami merayakan peringatan yang dipusatkan di tengah kota, dengan rangkaian aksi yang semarak dan luas bersama kawan jejaring. Tahun ini peringatan IWD 2020 justru dilaksanakan dari desa ke desa di 25 desa contoh pelaksanaan gerakan perlindungan perempuan dan anak di
Kabupaten Sigi," ujar Ketua KPKP-ST, Soraya Sultan, Selasa (10/3).

Menurutnya, penentuan desa contoh dilakukan setelah melakukan proses pendampingan desa-desa tersebut bersama Pemda Sigi dan Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Sigi. Salah satunya adalah Desa Tulo, di Kecamatan Dolo.

Rangkaian peringatan hari perempuan sedunia kali ini, melibatkan sekitar 1500 perempuan dan perwakilan laki-laki, bekerja sama dengan Pemkab Sigi serta Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Sigi.

"Dari sisi semarak memang terkesan biasa saja. Tapi bisa dibayangkan jika 1500 orang yang terpapar informasi terkait perlindungan perempuan dan anak dari segala bentuk kekerasan yang tertuang dalam Perda Nomor 9 Tahun 2016, dapat menularkan informasi tersebut ke dua atau tiga orang lainnya. Rasanya cukup membantu cita-cita dan kerja-kerja penegakan hak perempuan dan anak," terang Soraya Sultan.

baca juga: FKUB Sebut Kota Pematangsiantar Masuk Zona Merah Pilkada 2020

Gerakan diseminasi yang dilanjutkan dengan pembentukan Satuan Tugas Perlindungan Perempuan dan Anak (Satgas PPA Desa) di 25 desa contoh, mendapat dukungan dari Bupati Sigi, Mohammad Irwan. Satgas PPA Desa akan bersinergi dengan pemerintah desa dari sisi kebijakan dan anggaran, dalam upaya memaksimalkan tugas Satgas PPA Desa.

Bupati Sigi menargetkan 100 desa lagi akan menyusul menjadi wilayah target pelaksanaan gerakan perlindungan perempuan dan anak dari kekerasan berbasis gender. (OL-3)

 

Baca Juga

Antara

Pesantren Kiblat Solusi Pendidikan Nasional Masa Covid-19

👤Bagus Suryo 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 00:48 WIB
"Pesantren bisa menjadi solusi dan memberikan jalan keluar di tengah keterbatasan yang dimiliki," tegas Panglima Santri Muhaimin...
Ilustrasi

Gubernur Sumut Minta Usut Preman yang Serang Satgas Covid-19

👤Yoseph Pencawan 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 00:36 WIB
Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi minta kepolisian untuk menindak para preman yang menyerang Satgas Covid-19 Mebidang saat menggelar...
ANTARA/Zabur Karuru.

Ada Pasar Burung dan Batu Akik di Bekas Lokalisasi Dolly

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 23:20 WIB
Sentra Pasar Burung dan Batu Akik luas 840 meter persegi yang diresmikan pada Rabu (21/10) merupakan usulan dari warga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya