Rabu 11 Maret 2020, 08:55 WIB

Sumatra Siap Sambut Investor

Hde/E-1 | Ekonomi
Sumatra Siap Sambut Investor

DOK PLN
Suasana PLTU Pangkalan Susu di Sumatra Utara, kemarin.

 

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berhasil menuntaskan pembangunan saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) 275 kilovolt (kv) yang menjadi backbone kelistrikan di Sumatra.

SUTET 275 kv Sumatra yang dioperasikan pada awal Oktober 2019 membentang dari Lahat-Pangkalan Susu sepanjang 2.936 kilometer sirkuit (kms) dengan jumlah tower sebanyak 3.789 tower serta 14 GITET untuk jalur Pangkalan Susu-Sigli dan Lahat-Lampung.

Dikenal dengan nama Tol Listrik Sumatra tahap 1, Transmisi ini merupakan backbone penyaluran energi listrik dari Sistem Sumatera Bagian Selatan menuju Sumatera Bagian Utara atau sebaliknya.

Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdullah mengatakan kehadiran SUTET 275 kv ini akan memberikan kemudahan bagi investor untuk berinvestasi.

"Karena selama ini yang ditanya investor ketersediaan listriknya," kata Dwi di sela-sela kunjungan ke PLTU Pangkalan Susu, Sumatra Utara, kemarin.

Dengan tol listrik ini, investor tidak perlu lagi mengkhawatirkan pasokan energi.

"Di mana pun kawasan industri akan dibangun, baik itu di Sumatra Utara, Jambi, Bengkulu, Aceh tidak perlu khawatir. Kami siap untuk menyuplai listriknya," ujarnya.

Selain itu, kehadiran tol listrik ini diperkirakan memberikan penghematan biaya pokok produksi (BPP) pasca-interkoneksi ini sebesar Rp69 per kwh atau sekitar Rp163 miliar dalam 3 bulan terakhir.

"Dengan adanya Tol Listrik Sumatra 275 kv keandalan listrik Sumatra semakin meningkat dan bisa menurun-kan BPP listrik di Sumatra," ujar VP Konstruksi Jaringan Regional Sumatra, Binara Nainggolan.

Jaringan itu mampu meng-evakuasi daya hingga 2.000 Mw dari Sumatra Selatan yang kelebihan pasokan. (Hde/E-1)

Baca Juga

Istimewa/bpjamsostek

Pelayanan Lapak Asik BPJAMSOSTEK Berjalan Lancar 

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 April 2020, 15:21 WIB
Kegiatan Lapak Asik (Pelayanan Tanpa Kontak Fisik) BPJAMSOSTEK Cabang Jakarta Cilandak demi mencegah penyebaran pandemi Covid-19 sudah...
MI/AKHMAD SAFUAN

​​​​​​​Kementerian Siap Percepat Program Padat Karya Tunai

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 07 April 2020, 15:20 WIB
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, bekerja sama dengan balai-balai latihan kerja, melaksanakan program...
Antara/M Agung Rajasa

Hampir Semua Industri Telah Turunkan Produksi

👤 Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Selasa 07 April 2020, 15:10 WIB
Saat ini hanya industri besar dan pasarnya masih ada yang mampu bertahan untuk bisa tetap berproduksi, seperti halnya industri makanan,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya