Selasa 10 Maret 2020, 22:26 WIB

YLKI Minta Pemerintah Sediakan Thermal Scanner

Antara | Humaniora
YLKI Minta Pemerintah Sediakan Thermal Scanner

ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Petugas memeriksa suhu tubuh (thermal scanner) wisatawan mancanegara.

 

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta pemerintah menyediakan thermal scanner di setiap terminal keberangkatan bandara di Indonesia, baik domestik atau internasional antisipasi penyebaran Covid-19.

"Saat ini pemerintah baru memasang thermal scanner pada area keadatangan internasional saja," kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (10/3).

Menurut dia, hal itu penting untuk melindungi konsumen atau penumpang lainnya dari kekhawatiran keterpaparan Covid-19. "Bahkan hal ini akan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi semua penumpang, termasuk cabin crew pesawat," katanya.

Menurut dia, jika itu diterapkan, bukan hanya untuk melindungi penumpang dari potensi terpapar virus corona saja, tetapi juga untuk mendorong masyarakat tetap bepergian atau bermobilitas, dengan tenang, aman dan nyaman.

Ia menyampaikan bandara di Singapura, Hongkong dan kota-kota di China sudah menyediakan thermal scanner di semua terminal bandara sejak virus corona merebak.

Tulus Abadi mengatakan hingga kini persebaran COVID-19 bertambah luas. Dan salah satu media yang efektif untuk persebaran adalah transportasi udara, mengingat transportasi udara sangat erat kaitannya dengan mobilitas internasional, penumpang lintas negara. (OL-12)
 

Baca Juga

Dok.Frisian Flag

Lawan Virus Korona, Masyarakat Diimbau Penuhi Kebutuhan Nutrisi

👤Achmad Maulana 🕔Rabu 01 April 2020, 22:35 WIB
Pemerintah bisa mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan mereka dengan mengonsumsi makanan yang...
Dok.SOHO

BNPB Apresiasi para Pendonor untuk Tim Medis Covid-19

👤Achmad Maulana 🕔Rabu 01 April 2020, 21:41 WIB
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Doni Monardo meminta seluruh lapisan masyarakat bersatu padu mendukung seluruh kebijakan...
Antara/Sigid Kurniawan

Kemenkes Masih Susun Permenkes untuk Aturan PSBB

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 01 April 2020, 21:32 WIB
"Permenkes sedang kita buat dari tadi siang," kata Achmad...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya