Selasa 10 Maret 2020, 22:24 WIB

UNJ-Pemda Tidore Usul Sultan Zainal Abidin Jadi Pahlawan Nasional

Syarief Oebaidillah | Humaniora
UNJ-Pemda Tidore Usul Sultan Zainal Abidin Jadi Pahlawan Nasional

Dok. Wikipedia
Sultan Zainal Abidin Syah

 

PEMERINTAH Daerah Tidore, Maluku Utara dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) akan menggelar seminar nasional tentang Peran Sultan Zainal Abidin Syah dalam Mempertahankan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kegiatan itu sekaligus untuk mengusulkan Sultan Zainal Abidin Syah yang ikut menyatukan kawasan timur nusantara dari Maluku hingga Papua dan NKRI, sebagai pahlawan nasional.

"Kegiatan ini juga untuk mengusulkan Sultan Zainal Abidin Syah sebagai salah satu Pahlawan Nasional dari Kesultanan Tidore setelah pengukuhan Sultan Nuku sebagai Pahlawan Nasional pada era Soeharto," kata Sekretaris Humas UNJ E Nugrahaeni Prananingrum, dalam keterangan tertulisnya.

Seminar yang akan berlangsung pada Kamis, 12 Maret mendatang di Aula Latief Hendraningrat Universitas Negeri Jakarta, itu rencananya akan dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan dihadiri Gubernur Maluku Utara serta Walikota Tidore.

Baca juga : Pemkot Palu Ingin Perbaiki Makam Raja dan Pahlawan

Pembicara dalam seminar tersebut akan terdiri dari unsur DPD RI, Pemda terkait, dan akademisi.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membangun kesadaran sejarah dan rasa nasionalisme mahasiswa dan masyarakat Indonesia. Juga menyadarkan akan pentingnya menjaga persatuan dan kedaulatan NKRI," ujar Nugraheni.

Di sisi lain, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hamdani mengatakan, pihaknya mendukung penyelenggaraan seminar tersebut. (RO/OL-7)

Baca Juga

ANTARA/AKBAR TADO

Artis dan Selebgram Dukung Gerakan Masker Kain untuk Semua

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 09 April 2020, 13:03 WIB
Boy William, Raffi Ahmad, Dian Sastrowardoyo, Deddy Cobuzier dan beberapa selebritas lain memposting ajakan agar masyarakat bergabung dalam...
ANTARA

Positif Covid-19 di Wisma Atlet Bertambah 16 Orang, 5 Pulang

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Kamis 09 April 2020, 12:10 WIB
Saat ini, jumlah pasien positif korona di Wisma Atlet mencapai 334...
DOK KEMENKOMINFO

Dukung Physical Distancing, Kemkominfo Luncurkan Program OA

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 April 2020, 11:18 WIB
Pelaksanaan pelatihan dalam jaringan (daring) atau Online Academy, menurut Basuki, sesuai dengan arahan pemerintah untuk bekerja, belajar,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya