Selasa 10 Maret 2020, 22:17 WIB

Banjarmasin Canangkan 20 Kampung KB

Antara | Nusantara
Banjarmasin Canangkan 20 Kampung KB

ANTARA FOTO/Makna Zaezar
Banjarmasin

 

DINAS Pemberdayaan Perempuan, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Kota Banjarmasin sudah mencanangkan 20 kampung Keluarga Berencana (KB) sejak 2017 hingga 2020.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banjarmasin Madyan, di Banjarmasin, Selasa mengatakan pencanangan terakhir kampung KB yang ke-20 dilakukan di Kelurahan Kelayan Barat, Kecamatan Banjarmasin Selatan. "Akan terus berlanjut di tahun ini hingga 52 kelurahan di kota ini ada kampung KB atau disebut juga kampung Baiman," tuturnya.

Menurut Madyan, pembentukan kampung KB ini sebagai dukungan pemerintah kota agar program Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat. "Ini juga untuk memudahkan kader-kader kita menyosialisasikan program KB, sehingga jumlah peserta KB meningkat," ujarnya.

Selain itu, katanya, dicanangkannya kampung KB ini untuk membuat Program KB bergema kembali dan mengedukasi masyarakat. 

Demikian pula, lanjut Madyan, untuk mengaktualisasikan delapan fungsi keluarga dan membangun karakter bangsa melalui perwujudan keluarga kecil bahagia sejahtera. "Jadi memang banyak tujuannya untuk pencanangan kampung KB ini, bahkan untuk kemajuan pembangunan infrastruktur di wilayah ini," ujarnya.

Sebab, ucap dia, pencanangan kampung KB dilakukan di wilayah yang dianggap kumuh, sehingga ada perhatian khusus dari pembangunan wilayah itu dari pemerintah. "Karena intinya pula untuk menghilangkan kekumuhan di wilayah kampung KB itu, termasuk juga di sektor kesehatan dan pendidikan," ujarnya.

Belum lagi, ucap Madyan, kampung KB tersebut juga mendapat perhatian terhadap tertibnya administrasi kependudukan, sehingga benar-benar dibangun segala lini. "Jadi ditetapkannya wilayah itu sebagai kampung KB tidak hanya untuk pengendalian kependudukan, tapi juga untuk pengentasan kekumuhan juga kemiskinan," ujarnya. (OL-12)    
 

Baca Juga

Antara

Tambahan 7500 APD dan 37.500 Masker untuk Bali

👤Arnoldus Dhae 🕔Jumat 03 April 2020, 23:50 WIB
Pemprov Bali mendapatkan tambahan 7500 Alat Pelindung Diri (APD) dan 37.500 buah masker dari Pemerintah Pusat untuk mendukung pencehan dan...
MI/Susanto

Gedung Karantina Babel punya Tim Medis Khusus Covid-19

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Jumat 03 April 2020, 23:15 WIB
Pemprov kepulauan Bangka Belitung menyiapkan tim dokter dan perawat untuk menangani ODP dan PDP yang dirawat di gedung...
MI/Widjajadi

Pasien Meninggal karena Covid-19 Bertambah Satu Orang

👤Widjajadi 🕔Jumat 03 April 2020, 22:35 WIB
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (PPC) Kota Solo menginformasikan satu pasien covid-19 meninggal...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya