Selasa 10 Maret 2020, 21:27 WIB

Lepaskan 485 Merpati untuk Rayakan Masjid Al Aqsha Menara Kudus

Antara | Nusantara
Lepaskan 485 Merpati untuk Rayakan Masjid Al Aqsha Menara Kudus

ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Sejumlah tokoh masyarakat berdoa saat pembukaan Ta'sis atau perayaan hari jadi Masjid Al-Aqsha Menara Kudus ke-485 di Desa Kauman, Kudus.

 

PERAYAAN ta'sis atau berdirinya Masjid Al Aqsha Menara Kudus, Jawa Tengah yang nantinya diisi dengan berbagai kegiatan dibuka dengan pelepasan 485 ekor burung merpati ke udara sebagai simbol perdamaian antarumat beragama di Tanah Air, Selasa, di Kudus.

"Jumlah burung merpati sebanyak 485 ekor, sesuai simbol kedamaian yang dilepas agar dunia melihat dari kaki Menara Kudus ini bisa mengambil hikmah kearifan untuk kedamaian semesta," kata Ketua Panitia Perayaan Ta'sis Masjid Al-Aqsha Menara Kudus Abdul Jalil di Kudus, Selasa (10/3).

Ia menjelaskan perayaan ta'sis Masjid Al Aqsha Menara Kudus ini dihadirkan untuk meneguhkan kembali kearifan Menara Kudus untuk kedamaian multietnis dan multireligi dengan kearifan masing-masing.

Terkait dengan tema kearifan untuk kedamaian, kata dia, karena hingga kini pertengkaran atas nama agama dan etnis masih muncul, sementara sejak 485 tahun lalu sudah diberi tuntunan untuk berdamai, ikhlas, berdampingan antaretnis dan agama.

Hal itulah, lanjut dia, kearifan agar etnis Jawa, Arab, dan Tiongkok melebur di Kudus. "Kearifan tersebut, bisa dilihat dari bodi Masjid Menara Kudus yang memiliki simbol bodi candi, sedangkan atapnya jelas Muslim. Sebelah baratnya yang merupakan pancuran wudhunya jelas Budha," katanya.

Andai saja mengikuti tuntunan sesepuh, kata dia, kearifan itu menjiwai diri semua masyarakat sehingga tidak akan ada lagi pertengkaran.

Sementara agenda malam (10/3) ini, ada kegiatan khataman Al Quran yang menghadirkan sembilan tokoh yang akan berada di puncak Menara Kudus yang akan memimpin khataman Al Quran, demikian Abdul Jalil. (OL-12)


 

Baca Juga

MI/Rendy Ferdiansyah

Subuh, Dua PDP di Belitung Dimakamkan

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Rabu 08 April 2020, 13:11 WIB
"Untuk PDP 297 ini ada riwayat perjalanan dari daerah terjangkit covid-19 pada 18 Maret,"ungkap...
MI/Denny Susanto

Gubernur Kalsel Bagikan Disinfektan ke 13 Kabupaten/Kota

👤Denny Susanto 🕔Rabu 08 April 2020, 13:11 WIB
Masyarakat diminta ikut mendukung upaya memerangi wabah virus korona dengan mentaati protokol kesehatan yang ditetapkan...
MI/Kristiadi

Sungai Citanduy dan Cikidang Meluap Rendam Ratusan Rumah

👤Kristiadi 🕔Rabu 08 April 2020, 13:08 WIB
Hendi mengatakan, banjir sering terjadi di Kecamatan Sukaresik dan masyarakat sudah terbiasa. Sehingga, sebagian warga memilih bertahan di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya