Selasa 10 Maret 2020, 19:58 WIB

Menpora Ingatkan Penggunaan Anggaran Pelatnas dan Olimpiade

Akmal Fauzi | Olahraga
Menpora Ingatkan Penggunaan Anggaran Pelatnas dan Olimpiade

Antara/Aditya Pradana Putra
Pelari gawang putri Emilia Nova (kanan) berlatih di Stadion Madya Jakarta, jelang pelaksanaan Olimpiade 2020 Tokyo.

KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga kembali melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan sejumlah cabang olahraga, terkait pencairan anggaran Pelatnas dan Olimpiade 2020.

MoU dilakukan dengan dua cabang olahraga, yakni Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) dan Pengurus Besar Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PB PSOI), serta National Paralympic Committee (NPC) Indonesia.

FPTI mendapat alokasi anggaran Pelatnas dan Olimpiade 2020 sebesar Rp 6,95 miliar, dari proposal yang diajukan sebesar Rp 27,5 miliar.

Baca juga: Jepang Respon Dukungan Indonesia soal Pelaksanaan Olimpiade

Sementara itu, PSOI memperoleh kucuran dana sebesar Rp 6,1 miliar dari usulan anggaran sebesar Rp 9,3 miliar, yang diproyeksikan untuk kebutuhan sembilan atlet.

NPC Indonesia diketahui mendapat pencairan dana pelatnas ASEAN Para Games 2020 sebesar Rp 45 miliar dari usulan anggaran Rp 141 miliar. Berikut, kucuran dana untuk Paralimpiade 2020 sebesar Rp 30,3 miliar.

"Saya kembali katakan, karena ini menyangkut uang negara, harus hati-hati betul dalam penyalurannya," tegas Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, di Gedung Kemenpora, Selasa (10/3).

Baca juga: Kans Tim Panjat Tebing Indonesia di Olimpiade Masih Terbuka

Zainudin menekankan penggunaan dana harus sesuai dengan rincian proposal yang diajukan. Berkaca dari tahun lalu, beberapa cabang olahraga membuat laporan pertanggungjawaban yang tidak sesuai dengan ketentuan awal.

"Kami meminta NPC Indonesia dan sejumlah cabang olahraga soal penandatanganan ini, anggarannya harus dilakukan sesuai MoU. Kalau ada temuan dari BPK, itu jadi kerugian bagi Kemenpora. Karena, akan ada hal lain yang tersandera, jika belum diselesaikan," ucap Zainudin.(OL-11)

 

Baca Juga

AFP/Oli SCARFF

Minions Masuk Daftar 30 Tokoh Muda Paling Berpengaruh di Asia

👤Patrick Pinaria 🕔Minggu 05 April 2020, 07:00 WIB
Marcus/Kevin menjadi satu-satunya wakil atlet Tanah Air yang terpilih dalam kategori...
Antara/Aditya Pradana Putra

PABBSi Pastikan Anggaran Pelatnas Cukup Sampai Akhir Tahun

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 05 April 2020, 00:06 WIB
Piihaknya sudah berhitung dan yakin 70% dana pelatnas dari total usulan Rp11 miliar, bisa digunakan hingga akhir tahun...
AFP/Fayez Nureldine

Pertandingan Tinju Anthony Joshua vs Kubrat Pulev Ditunda

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 04 April 2020, 14:00 WIB
Joshua yang mempertahankan titelnya sebagai pemegang sabuk WBA, IBF, WBO, dan IBO akan ditantang Pulev di Stadion Tottenham Hotspur, London...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya