Selasa 10 Maret 2020, 23:55 WIB

Investor Lokal Dukung Pembangunan Depo Minyak Di Batam

MI | Ekonomi
Investor Lokal Dukung Pembangunan Depo Minyak Di Batam

ANTARA

 

PT Mas Capital Trust (MCT), pemegang saham 5 % di PT West Point’ Terminal (WPT) mendukung langkah percepatan pembangunan depo minyak di Batam, Riau.

Sebagai perusahaan lokal di Batam, MCT hanya meminta proyek pembangunan depo minyak berkapasitas 2,6 juta barel minyak ini dilakukan sesuai prinsip dan kesepakatan diantara pemegang saham.

“PT MCT  tidak dalam posisi untuk menghalangi proyek strategis ini. Justru MCT berharap proyek ini segera dibangun agar bisa menggerakkan ekonomi di Batam dan Indonesia,” jelas kuasa hukum PT MCT Defrizal Djamaris dalam keterangannya, Senin (9/3).

Lebih lanjut Djamaris meng ungkapkan, langkah hukum yang selama ini dilakukan MCT merupakan upaya untuk mendapatkan perlindungan hukum sebagai minoritas.

Djamaris mengatakan, pemilik lahan juga telah menyiapkan lahan seluas 75 hektar beserta perijinannya dengan masa kontrak sesuai HGB selama 30 tahun dan perpanjangan 20 tahun.

Bahkan kawasan itu pada  2018 telah mendapat status KLIK, yaitu Kawasan Investasi Langsung Kontruksi yang ditetapkan oleh BKPM Pusat. Sehingga tidak ada persoalan jika memang WPT akan membangun proyek tersebut.

“Sebagai pemegang saham 5%, MCT tidak memiliki kekuatan untuk menghalangi Sinomart jika ingin menjalankan agendanya. Kecuali jika investor asal Tiongkok itu melanggar perjanjian prinsip yang ditandatangani kedua belah pihak,” ujarnya.

Johnson Panjaitan, kuasa hukum Sinomart dalam konferensi pers Senin (9/3) mengatakan bahwa pembangunan proyek depo minyak terhambat adanya konflik di internal PT WPT.   

“Ada beberapa gugatan yang dilayangkan oleh pemegang saham minoritas terkait proyek ini. Hal itulah yang kemudian mempengaruhi kelancaran proyek depo minyak ini,” kata Johnson di Jakarta, Senin (9/3).

Karena adanya laporan pidana dan  gugatan perdata di pengadilan negeri Batam serta gugatan pemegang saham minoritas ke arbitrase, proyek ini mengalami hambatan untuk segera diselesaikan. (RO/E-1)

 

Baca Juga

MI/M Iqbal Al Machmudi

Tol Laut Dorong Perekonomian Masyarakat di Morotai

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 07:05 WIB
PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) sebagai operator dan pengangkut logistik konsisten mengirim hasil bumi dari Morotai...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Pelebaran Defisit Bermanfaat

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 05:30 WIB
Pendapatan pajak turun 13,7%, tapi masih dalam rentang perkiraan...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Komitmen pada Ekonomi Digital

👤Try/Ant/E-1 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 05:20 WIB
PEMERINTAHAN Presiden Joko Widodo dinilai mulai menunjukkan komitmen dalam upaya membangun ekonomi digital di Tanah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya